Petinju IBT Piala Presiden Kunjungi TNK

berbagi di:
img-20190726-wa0026
Petinju IBT Piala Presiden saat mengunjungi Pulau Padar dan Loh Liang, Pulau Komodo. Foto: Gerasimos Satria/VN

Gerasimos Satria
Para petinju kejuaraan event International Boxing Tournament (IBT)  Piala Presiden ke-23 tahun 2019 mengunjungi Taman Nasional Komodo (TNK), Jumat (26/7) pagi.

Rombongan petinju dari 28 negara itu mengunakan KMP Komodo dan sejumlah speed boat, berangkat dari Pelabuhan Labuan Bajo sekitar pukul 09.00 Wita. Mereka mengunjungi Pulau Padar dan Loh Liang Pulau Komodo didampingi liaison officer masing-masing negara. Kunjungan ke TNK merupakan bagian dari kegiatan IBT Piala Presiden ke 23 tahun 2019.

Ketua Panitia IBT Piala Presiden ke 23 tahun 2019, AKBP Julisa Kusumo Wardono mengatakan para petinju ingin melihat lebih dekat soal Komodo dan mengunjungi tempat wisata di wilayah tersebut.

“Tidak semua petinju ke TNK, sebagian petinju fokus latihan untuk final. Hari ini (Jumat) tidak ada jadwal tinju sehingga panitia mengantar petinju dari 28 negara itu mengunjungi obyek wisata di TNK,”ujar Julisa.

“Petinju senang melihat dan mengunjungi langsung obyek wisata yang ada berada dalam TNK. Mereka bangga,Komodo hanya ada di Manggarai Barat. Mereka meminta masyarakat agar menjaga komodo agar dapat bertahan hingga ratusan mendatang,” tambah Julisa.

Julisa berharap kunjungan petinju 28 negara itu mampu membawa dampak kunjungan wisatawan ke Manggarai Barat pada tahun mendatang meningkat.

Petinju Thailand, Saoto Ratanaton yang baru pertama kali ke Indonesia mengatakan Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur sangat indah.

“Saya sangat senang datang lihat Komodo dari dekat. Karena selama ini saya bisa hanya melihat dari media saja. Ternyata dalam kesempatan event IBT Piala Presiden bisa saya menginjakan kaki ke Pulau Komodo,” ujar Saoto.

Hal senada juga disampaikan petinju Australia, Nikolas Terry yang juga baru pertama kali mengunjungi Labuan Bajo untuk melihat Komodo.

Komodo kata dia paling disukai oleh wisatawan dari Australia. Berkat IBT Piala Presiden dirinya akhirnya dapat melihat langsung Komodo.

“Tidak hanya Komodo,Labuan Bajo juga memiliki laut yang indah. Pariwisata Manggarai Barat sangat indah membuat kita ingin berlama-lama berada di Labuan Bajo,”tutur Terry. (bev/ol)