PKA STAN di Kupang Bakti Sosial ke Panti Asuhan Sonaf Maneka

berbagi di:
img-20210119-wa0016

 

 

 

Putra B Mula

 
PERSEKUTUAN Kristiani Alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKA STAN) dan Program Diploma Keuangan di Kupang melakukan Bakti Sosial ke Panti Asuhan Sonaf Maneka Kupang.

Perwakilan persekutuan PKA STAN bersama Persekutuan Oekumene Kementerian Keuangan NTT dengan tetap menjaga protokol kesehatan tampak sangat antusias mengunjungi Panti Asuhan yang berada di Lasiana tersebut. Kegiatan ini berlangsung pada Senin, (18/1).

Bakti Sosial ini merupakan salah satu dari seluruh rangkaian Perayaan Natal Alumni PKA STAN Prodip Keuangan se-Indonesia. Terdapat 8 lokasi bakti sosial di seluruh penjuru Indonesia dan salah satunya adalah Panti Asuhan Sonaf Maneka Lasiana Kupang.

Lokasi lainnya adalah GKPS Halaotan Sumatera Utara, Bengkayang Kalimantan, Enrekang Sulawesi, Panti Asuhan di Magelang, Korban bencana di Mamuju dan Panti Asuhan di Jakarta.

Panti Asuhan Sonaf Maneka dikelola oleh Maria, seorang mantan suster. Panti ini dikelola secara mandiri dan tidak berada di bawah naungan yayasan atau gereja. Terdapat 127 anak asuh di panti tersebut.

Di samping anak yatim piatu, terdapat juga anak-anak dari keluarga yang tidak mampu secara ekonomi. Kondisi bangunan juga tampak memprihatinkan dan butuh renovasi dan pengelolaan lebih baik. Bahkan kalau hujan kerap bocor dan banjir.

Maria selaku pengelola panti asuhan tersebut menyambut hangat kunjungan PKA STAN tersebut. Maria juga menyampaikan berbagai kebutuhan yang diperlukan anak-anak panti.

“Anak asuh kami saat ini ada yang berusia 1 tahun sampai ada juga yang kuliah. Anak asuh kami ada yang sudah jadi polwan dan TNI di tahun 2014. Saat ini kami membutuhkan bantuan berupa uang SPP anak sekolah dan kebutuhan dasar sekolah anak panti,” jelas Maria.

Semua anak asuh panti asuhan tampak senang menyambut kunjungan PKA STAN. Maria mewakili panti asuhan tersebut sangat bersyukur dan berterima kasih atas kunjungan bakti sosial yang dilakukan PKA STAN tersebut.

“Di tengah pandemi ini, kami sangat bersyukur masih ada yang peduli kepada kami. Tuhan memberkati semua alumni STAN,” ujar Maria.

Tim PKA STAN dipimpin langsung oleh Sofyan Antonius, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTT, dan Esra Junius Ginting, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Kupang serta beberapa alumni STAN lainnya.

Sofyan menjelaskan bahwa bakti sosial ini merupakan langkah nyata kepedulian alumni STAN. PKA STAN, Oikumene Kementerian Keuangan NTT dan Oekumene KPP Pratama Kupang tampak membagikan kebutuhan pangan panti asuhan, masker kain 3 lapis untuk semua anak panti, dan uang tunai.

Sofyan menjelaskan bahwa di masa pandemi ini diharapkan semua tetap sehat dan mematuhi protokol kesehatan.

“Memang yang kami diberikan masih sedikit tetapi kiranya dapat diterima dengan sukacita dan bermanfaat buat panti asuhan ini,” ujar Sofyan.

Selanjutnya Esra Junius Ginting, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Kupang menyatakan bahwa berbagi merupakan kesempatan dan harus disyukuri.

“Semangat Sukacita Natal akan semakin dirasakan melalui semangat berbagi dengan yang membutuhkan dan kami sangat senang kami masih berkesempatan untuk berbagi. Tuhan Yesus memberkati adik-adik di Panti Asuhan Sonaf Maneka ini,” pungkas Esra.

Perayaan Natal PKA STAN akan dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2021. Bakti sosial ini merupakan salah satu rangkaian kepedulian PKA STAN terhadap sesama di seluruh Indonesia.

Esra menjelaskan bahwa yang dilakukan ini masih sangat sedikit dibandingkan dengan orang yang membutuhkan yang terdampak pandemi.

“Kami mengajak semua untuk terus berbagi setulus hati dan seluas mungkin selagi masih diberikan kesempatan oleh Tuhan. Banyak yang menantikan uluran tangan kita,” ajak Esra. (Yan/ol)