PLN Siap Sukseskan Sidang Raya PGI XVII

berbagi di:
img-20191107-wa0007

Persiapan pasokan listrik PLN di Sumba Timur. Foto: Humas PLN UIW NTT

 

 

PLN Unit Induk Wilayah (UIW)  kembali bersiaga untuk menjaga keandalan suplai listrik dalam rangka Sidang Raya Persekutuan Gereja -Gereja di Indonesia (PGI) ke XVII di Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Sidang Raya ini merupakan forum Nasional pengambilan keputusan tertinggi anggota PGI di seluruh wilayah NKRI sekaligus pesta iman umat Kristen di Indonesia yang biasa dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Sidang Raya akan berlangsung dari 8 –  13 November 2019. Pembukaan Kegiatan ini secara resmi akan dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang akan hadir bersama rombongan.

Dalam rilis yang diterima VN, Kamis (7/.11) terdapat lima titik yang menjadi prioritas pengamanan pasokan listrik yakni Power House Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu, Rumah Jabatan Bupati Sumba Timur, Masjid Al-Jihad Waingapu, Pantai Purukambera (Lokasi Utama) dan GKS Payeti – Waingapu.

“PLN selalu siap memberikan yang terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat, untuk setiap aktivitas kehidupan masyarakat. Tidak terkecuali dalam kegiatan keagamaan skala nasional yang akan berlangsung di Pulau Sumba, yaitu di Waingapu, Sumba Timur, tegas General Manager PLN UIW NTT Ignatius Rendroyoko.

Senada dengan hal tersebut, Manager PLN UP3 Sumba , Made Hary Palguna mengatakan sejak adanya keputusan kegiatan PGI di Sumba Timur ini, PLN aktif dalam setiap rapat persiapan.

img-20191107-wa0009

Menurutnya, lokasi pembukaan Sidang Raya akan dilaksanakan padang sabana Puru Kambera. Belum ada jaringan listrik ke lokasi tersebut sehingga PLN harus melakukan penarikan jaringan tegangan rendah (JTR) baru kurang lebih 700 m ke lokasi. Kini, dalam waktu sampai dengan H-3, di lokasi Puru kambera sudah tersedia suplai listrik dan fasilitas penerangan.

“Untuk sistem pembangkit kami di Waingapu sangat siap untuk mendukung Sidang Raya ini karena ketersediaan daya Listrik di Pembangkit kami saat ini sebesar 9.710 kW, sementara Beban puncak 8.350 kW, jadi kami masih memiliki cadangan daya 1.360 k,” tambah Made.

Sementara Ketua Panitia Utama Sidang Raya PGI Tahun 2019, dr. Umbu M. Marisi mengatakan hubungan kerjasama panitia dengan PLN sangat baik. PLN telah berusaha semaksimal mungkin melakukan persiapan dalam rangka pelaksanaan sidang ini

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan peran aktif yang diberikan oleh PLN, ” ungkapnya.

img-20191107-wa0010

Berdasarkan data, PLN telah siaga pasokan listrik di Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu dengan pemasok utama dari genset pelanggan 350 kW dan pasokan cadangan Penyulang Payeti serta Penyulang Melolo. Kedua, di rumah jabatan Bupati Sumba Timur dengan supply utama genset PLN 80 kW dan cadangan back up penyulang Waingapu. Ketiga, masjid Al-Jihad Waingapu dengan supply utama Genset PLN 20 kW lalu di back up dengan Penyulang Waingapu. Berikutnya Lokasi Utama di Puru Kambera dengan pemasok utama dari UGB 250 kVA + UPS 100 kVA dan pasokan cadangan dari genset 100 kW. Terakhir, di GKS Payeti – Waingapu dengan supply utama UGB 200 kVA dan cadangan backup Genset PLN 100 kW. (bev/ol)