Polisi Sita 700 Liter BBM Solar di Lembor Selatan

berbagi di:
img-20200527-wa0056

Polsek Lembor saat menyita BBM di Desa Nangalili, Kecamatan Lembor Selatan. Foto: Gerasimos/VN

 

 

 

Gerasimos Satria

Kepolisian Sektor (Polsek) Lembor menyita 700  liter Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar yang diduga hendak diselundupkan ke Pulau Mules, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Penyitaan dilakukan di Dermaga Nangalili  Desa Nangalili, Kecamatan Lembor Selatan,Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (28/5) siang.

Kapolsek Lembor,IPDA Yoga Darma Susanto mengatakan pengungkapan kasus ini berawal dari laporan masyarakat. Kemudian pihaknya melakukan penyegelan BBM jenis solar.

Pihaknya mengamankan BBM bersubsidi jenis solar yang tidak dilengkapi surat atau dokumen sebanyak 20 jerigen ukuran 35 liter yang diangkut menggunakan mobil pick up Daihatsu Grand Max warna hitam dengan nomor polisi  EB 9115 EB. BBM Solar tersebut akan dijual ke pulau Mules Kab. Manggarai

“Kami mengamankan pelaku berinisial A (36) yang merupakan warga Kampung Palis Desa Nangalili, Kecamatan Lembor selatan,” jelas Yoga.

Dia mengatakan barang bukti dan terduga pelaku beserta saksi-saksi yang berada di TKP diamankan ke Polsek Lembor untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Pelaku akan diserahkan ke Polres Manggarai Barat.

Yoga mengungkapkan pelaku A dijerat pasal 53 huruf B UU RI Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, terkait kegiatan pengangkutan BBM tanpa izin usaha pengangkutan dan terancam pidana maksimal empat tahun.

“Kami masih melakukan penyelidikan bagaimana pelaku mendapatkan BBM. Apakah dipasok dari SPBU murni atau lewat cara dikumpul-kumpulkan dari banyak pengecer,” tutur Yoga. (bev/ol)