Politani Kupang Buka 5 Jalur Masuk bagi Mahasiswa Baru secara Online

berbagi di:
img-20210305-wa0022

 

 

 

Sinta Tapobali

 

 
POLITEKNIK Pertanian Negeri (Politani) Kupang pada tahun ajaran 2021/2022 menargetkan akan menerima para calon mahasiswa baru sebanyak 1200-1500 mahasiswa.

“Kita sudah sosialisasi seleksi penerimaan mahasiswa baru dan prosedur penerimaannya juga sudah disosialisasikan. Rencana penerimaan itu 1200-1500 orang,” ungkap Direktur Politani Kupang, Thomas Lapenangga ketika di konfirmasi VN, Jumat (05/03) siang.

Menurutnya, seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik pertanian Negeri Kupang akan melalui 5 jalur di antaranya jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), jalur Mandiri, jalur KIP Kuliah dan jalur Alih Jenjang.

Pertama, Jalur seleksi Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri atau dikenal dengan sebutan jalur seleksi undangan Nasional masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia.

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa berprestasi lulusan tahun ini yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke Politeknik Negeri. Pendaftaran diawali dengan sekolah mendaftarkan siswanya ke snmpn.politeknik.or.id dan kemudian akan mendapatkan username dan password untuk masing-masing.

Selanjutnya siswa melanjutkan pendaftaran dengan login ke snmpn.politeknik.or.id kemudian memilih fitur siswa dan melengkapi biodata pendaftaran yang diperlukan.

Kedua, Jalur SBMPTN merupakan jalur seleksi ujian tertulis masuk ke politeknik negeri se-indonesia yang seleksinya dilakukan secara bersamaan.
“Untuk jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN itu jadwal seleksinya sama dengan perguruan tinggi yang lain se-indonesia. Seleksinya sementara berjalan,” ujar Thomas.

Ketiga, untuk jalur masuk melalui seleksi Mandiri nantinya akan dilakukan tes akademik secara tertulis dan akan dilakukan langsung oleh panitia penerimaan mahasiswa Politani Kupang. Pendaftaran melalui jalur Ini merupakan kesempatan kedua bagi mereka yang ingin masuk ke politani namun diseleksi pendaftaran sebelum-sebelumnya tidak lulus.

Pendaftaran melalui jalur mandiri akan dibuka apabila pada seleksi jalur sebelumnya kuota mahasiswa baru yang dibutuhkan belum memenuhi. Namun apabila telah terpenuhi maka jalur ini dengan sendirinya tidak akan dibuka.
Bagi mahasiswa yang ingin masuk melalui jalur mandiri maka diharapkan untuk memiliki hasil tes tertulis yang tinggi.

Keempat, Jalur KIP Kuliah atau dulunya di sebut Bidikmisi. Melalui jalur ini, Politani akan menyalurkan bantuan biaya pendidikan pada calon mahasiswa yang mengalami kendala masalah biaya pendidikan karena berasal dari keluarga tidak mampu.
“Bantuan biaya pendidikan yang dimaksud adalah Bidikmisi,” ungkapnya.

Untuk proses pendaftaran Bidikmisi dilakukan bersamaan dengan proses pendaftaran calon mahasiswa baru. Pendaftaran bidikmisi dapat dilakukan secara online melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Sedangkam untuk jalur terakhir adalah jalur Alih Jenjang. Jalur ini merupakan proses peralihan jenjang pendidikan awal ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Alih jenjang yang dimaksud di sini adalah penerimaan mahasiswa baru untuk lulusan Diploma III yang ingin melanjutkan pendidikan ke program Diploma IV pada jenjang sejenis di Politani Kupang. (Yan/ol)