Politeknik Negeri Kupang Dukung Pembangunan NTT

berbagi di:
img-20201221-wa0014

Tim P3M Politeknik Negeri Kupang sedang pose bersama usai pemasangan icon nama wisata Pantai Otan.

 

 

Kekson Salukh

Politeknik Negeri Kupang (PNK) mendukung pengembangan pariwisata di NTT salah satunya dengan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTT dan didukung penuh  PT. Pegadaian Indonesia Cabang Kupang secara kolektif dan terpusat di Pulau Semau, Kabupaten Kupang.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) PNK Profesor Adrianus Amheka dalam rilisnya yang diterima VN, Senin, (21/12) pagi menjelaskan kegiatan dengan Tema “PNK Mendukung Pembangunan NTT” dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, ( 12-13/12) yang berlokasi di daerah sekitar pantai wisata Otan dan pantai wisata Liman.

Sejumlah kegiatan workshop/pelatihan induk bidang pariwisata, administrasi bisnis dan akuntansi dilaksanakan di  beberapa desa di sekitar daerah objek wisata Otan dan Liman.

“Dari PNK sendiri melibatkan ratusan partisipan terdiri dari para dosen, mahasiswa, PLP dan instruktur. Kegiatan ini juga melibatkan ratusan masyarakat sebagai partisipan pengembangan kapasitas selain membantu teknis pembuatan icon nama wisata Pantai Liman dan Pantai Otan,” ungkapnya.

Prof Andre mengatakan semua kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan PNK diprioritaskan untuk benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat bukan hanya sekedar seremonial belaka.

“Harus terukur baik output kegiatan apalagi kegiatan hilir yang langsung bersentuhan dengan masyarakat umum, selain itu kemitraan pentahelix yang melibatkan pemerintah, perguruan tinggi, dunia industri/BUMN dan masyarakat harus perlu terjalin kokoh sehingga masyarakat sebagai penerima manfaat mendapat nilai tambah yang maksimal,” tambahnya.

Sementara Direktur Politeknik Negeri Kupang Nonce Farida Tuati menjelaskan tujuan kegiatan itu sebagai bentuk dukungan PNK terhadap program pemerintah provinsi, yaitu percepatan pembangunan NTT melalui sektor pariwisata sebagai prime mover perekonomian.

Nonce menjelaskan PNK akan terus berkomitmen untuk berpartisipasi dalam berbagai program yang mendukung pembangunan Indonesia khususnya di provinsi NTT melalui interfensi kegiatan-kegiatan yang menunjang program pemerintah didaerah.

“PNK akan terus berkomitmen untuk berpartisipasi dalam berbagai program agar mendukung pembangunan Indonesia khususnya Provinsi NTT melalui interfensi kegiatan-kegiatan yang menunjang program pemerintah didaerah, oleh karena PNK sendiri juga sebagai aset pemerintah Pusat sehingga orientasi kegiatan kepada masyarakat sudah seharusnya mendukung semua program pemerintah pada segala lini yang memungkinkan interfensi Tridarma Perguruan Tinggi bisa diterapkan,” jelas Direktur PNK dua periode itu.

Ia menambahkan, PNK akan terus melakukan kegiatan nyata melalui program Pengabdian kepada Masyarakat yang bersifat monumental sesuai bidang kompetensi PNK sebagai Perguruan Tinggi Vokasi di NTT yang berorientasi pada keahlian praktis dalam menghasilkan produk pengabdian kepada masyarakat yang handal dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Terpisah, Karo Ekonomi dan Kerjasama Setda NTT Dr Lery Rupidara yang dimintai tanggapannya mengaku sangat senang lantaran PNK  sudah menindaklanjuti penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di pantai wisata Otan dan pantai wisata Liman. (bev/ol)