Politeknik Negeri Kupang Miliki Profesor Pertama

berbagi di:
img-20200924-wa0005

 

Adrianus Amheka
Guru Besar Bidang Teknik PNK Kupang

 

 
Kekson Salukh

 

MENJADI kebahagiaan tersendiri bagi seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Kupang (PNK) yang telah memiliki profesor pertama di bidang ilmu Teknik.

Salah satu dosen PNK di Jurusan Teknik Mesin, Adrianus Amheka dalam waktu dekat bakal dikukuhkan  sebagai Guru Besar pertama bidang ilmu Teknik  yang dimiliki PNK.

Adrianus Amheka yang dihubungi VN, Kamis (24/9) pagi melalui pesan WhatsApp pribadinya mengaku surat keputusan (SK) sebagai profesor bidang ilmu Teknik sudah ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim.

Jika tidak ada aral melintang, ungkap Profesor Adrianus, pada bulan Oktober 2020 dirinya akan dikukuhkan secara resmi dalam rapat senat terbuka  di PNK.

“SK dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, pak Nadiem Makarim sudah tandatangan beberapa hari yang lalu. Nanti pengukuhan mungkin bulan Oktober.” jawab Profesor Adrianus Amheka kepada VN melalui pesan WhatsApp pribadinya.

Menurut Profesor Adrianus yang dikenal ramah dan ceria setiap kali dijumpai, saat ini ia berada pada urutan tiga sebagai Profesor termuda di Indonesia, dan Profesor pertama dan termuda bidang ilmu Teknik di NTT serta Profesor termuda pertama di Politeknik se-Indonesia.

“Saat ini sebagai Profesor termuda nomor tiga di Indonesia dan Profesor pertama dan termuda bidang ilmu Teknik di NTT serta Profesor termuda pertama di Politeknik se-Indonesia,” ungkap profesor berumur 40 tahun itu.

Profesor Adrianus mengaku bersyukur kepada Tuhan yang selalu mengiringi setiap proses perjuangannya hingga meraih gelar profesor.

“Perasaan saat ini bersyukur atas upaya positif yang dilakukan akan membuahkan hasil yang baik, seperti janji Tuhan untuk kita. Pesan saya kita harus tetap optimis melakukan hal-hal baik dan jangan berhenti berpikir serta melakukan apapun sesuai kompetensi yang kita miliki untuk Nusa dan Bangsa.” ujar Profesor yang akrab dipanggil Andre Amheka.

Terpisah, Direktur PNK, Nonce Farida Tuati yang dimintai komentarnya melalui pesan WhatsApp pribadi mengaku bangga kepada Profesor Adrianus Amheka yang berhasil menyandang gelar Guru Besar di bidang Teknik.

“Sangat bangga dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas pencapaian dari Prof Dr Adrianus Amheka.” ucapnya.

Nonce membenarkan jika Profesor Adrianus Amheka merupakan Guru Besar pertama yang dimiliki PNK.

Ia berharap pencapaian Prof Adrianus Amheka menjadi “virus” baik bagi dosen-dosen PNK untuk semangat dalam berkarya di bidang akademik agar bisa menjadi Guru Besar.

“Kami atas nama pribadi, keluarga dan seluruh civitas PNK mengucapkan selamat dan proficiat buat beliau atas pencapain Guru Besarnya. Beliau adalah profesor pertama di PNK, kami berharap ini menjadi virus baik bagi dosen-dosen untuk semangat dalam berkarya di bidang akademik agar bisa menjadi Guru Besar.” pinta Direktur PNK dua periode itu.

Sekadar tahu, Profesor Adrianus Amheka pernah menyelesaikan pendidikan strata satu (S1) Jurusan Mesin di Universitas Nusa Cendana Kupang,  kemudian melanjutkan S2 Energi dan Lingkungan di Griffith University, Australia, dan menyelesaikan S3 Sistim Energi dan Lingkungan di Tsukuba University, Japan. (Yan/ol)