Polres dan Pemkab Belu Kerja Sama Integrasi Pelayanan Publik

berbagi di:
img-20200915-wa0009

 

Mutiara Malehere

 

 

 
PEMERINTAH Kabupaten Belu melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengadakan perjanjian kerja sama dengan Polres Belu untuk meningkatkan pelayanan publik di Polres Belu, Selasa (15/9).

Adapun empat jenis pelayanan di Polres Belu yang terintegrasi dengan Plaza Pelayanan Publik antara lain pelayanan Perpanjangan SIM (masih terbatas), Pelayanan SKCK, Pelayaban Sidik Jari, serta Pelayanan Surat Keterangan Kehilangan diluar laporan polisi.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh dengan Kepala DPMPTSP disaksikan oleh Bupati Belu Willybrodus Lay, Penjabat Sekda, Marsel Mau Meta dan Wakil Ketua Komisi II DPRD, Agus Pinto serta jajaran Polres Belu dan undangan lainnya.

Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh mengatakan, pihaknya mengintegrasikan empat pelayanan publik di Polres Belu dan khusus untuk pelayanan perpanjangan SIM sifatnya masih terbatas sambil menunggu pembenahan sarana dan prasarana agar ke depannya pelayanan lebih maksimal.

“Polres Belu memiliki 10 jenis pelayanan publik, namun tahap awal kami limpahkan empat jenis pelayanan publik sehingga ke depannya kami harapkan semua pelayanan publik yang ada di Polres Belu dapat dilayani oleh Plaza Pelayanan Publik Kabupaten Belu,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengapresiasi Bupati Belu yang telah menghadirkan sebuah mall pelayanan publik terbaik di NTT bahkan kabupaten lainnya belum memilikinya.

“Daerah lain di NTT belum memiliki mall pelayanan publik dan Kabupaten Belu telah menghadirkan sebuah tempat pelayanan publik yang representatif,” ungkap Khairul.

Pihaknya mengharapkan ke depannya dalam mendukung pelayanan publik terintegrasi, Pemkab Belu meningkatkan pengamanan dan Polres Belu siap mendukung agar mall pelayanan publik semakin menjamin keamanan data pribadi perorangan maupun kelompok pengguna pelayanan perizinan.

“Kami minta ke depannya Pemkab Belu semakin meningkatkan keamanan di mall pelayanan perizinan sehingga semakin menjamin keamanan dan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan perizinan,” ujar Khairul.

Bupati Belu, Willybrodus Lay memberikan apresiasi kepada Polres Belu yang telah melimpahkan empat jenis pelayanan publik dari Polres Belu pada Plaza Perizinan Kabupaten Belu.

“Kerja sama pelayanan publik dengan Polres Belu telah direncanakan sejak lama namun baru terlaksana sekarang dan baru melaksanakan empat jenis pelayanan publik, sehingga kami harapkan kedepannya Polres Belu dapat mengintegrasikan semua jenis pelayanan Publik bersama Mall Perizinan Kabupaten Belu,” ungkap Bupati Lay.

Pihaknya menyambut baik saran Kapolres Belu terkait peningkatan pengamanan di Mall Pelayanan Publik dan hal tersebut sangat positif sehingga kedepannyasemakin menjamin keamanan data masyarakat pengguna jasa layanan perizinan. (Yan/ol)