Pool Test Covid-19 Tetap Berjalan, Lab Biokesmas Rektrut Driver Pengangkut Sampel

berbagi di:
foto-hal-0i-cover-headshot-elcid-li

 

Dominggus Elcid Li
Wakil Ketua Tim Pool Test Lab Biokesmas Provinsi NTT

 

 

 

 

Sinta Tapobali

 

 

PELAKSANAAN pool test massal covid-19 dengan PCR terus berjalan dan dilaksanakan dengan baik oleh tim pool test di laboratorium biomolekuler Provinsi NTT.

Hingga saat ini, Lab Biomolekuler telah melayani pemeriksaan sample dari 14 kabupaten/kota di antaranya Nagekeo, Lembata, Sumba Tengah, Sabu Raijua, TTS, Belu, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Flores Timur, Malaka, Rote, Manggarai, Alor, Sikka.

Wakil Ketua Tim Pool Test Lab Biokesmas Provinsi NTT, Dominggus Elcid Li ketika dikonfirmasi Vn, Rabu (13/01) mengatakan bahwa hingga saat ini proses pemeriksaan sampel dengan poll test masih terus berlangsung dan berjapan lancar.

Menurutnya, Lab biomolekuler pun juga selalu siap untuk melakukan pemeriksaan sampel secara massal untuk instansi ataupun lembaga atau kelompok tertentu yang ingin melakukan swab massal. Untuk itu kepada instansi atau lembaga maupun kelompok tertentu yang ingin pool test massal, dapat disampaikan kepada Lab Biomolekuler melalui Dinas Kesehatan kabupaten/kota disertakan dengan nomor kontak yang dapat dihubungi.

Selain itu, menurutnya, untuk pengepakan dan pengiriman sampel baik dari kota maupun kabupaten, dapat dipilah lagi yang bergejala maupun yang tidak bergejala.

“Untuk sampel pasien kontak erat dan pelaku perjalanan yang bergejala, dikirim ke Laboratorium rujukan PCR RSUD W.Z Johannes Kupang dan untuk sampel pasien kontak erat dan pelaku perjalanan yang tidak bergejala dikirim ke Lab Biokesmas NTT dilengkapi dengan print out all the record dan rekapan format penyelidikan epidemiologi,” jelasnya.

Apabila dari hasil pemeriksaan pool test massal terhadap sampel yang diperiksa di Lab biomolekuler ini terdapat pool yang dikatakannya positif maka akan dirujuk untuk melakukan swab PCR individual di Lab RSUD W.Z Johannes Kupang.

Untuk individu yang memiliki gejala ringan maupun berat dapat melakulan rapid antigen di Labkesda maupun faskes-faskes yang ditunjuk. Jika dari hasil pemeriksaan ini ada yang positif, pasien tersebut akan diberikan swab PCR individual
di Lab di RSUD W.Z Johannes Kupang.

Lebih lanjut disampaikan Elcid bahwa untuk mendukung upaya pengangkutan sampel, Lab Biomolekuler membuka kesempatan bekerja sebagai driver untuk satu orang petugas yang bertugas untuk mengangkut sampel menggunakan transportasi mobil.

Informasi ini telah di sebarkan sejak kemarin baik di media sosial facebook maupun group WA. (Yan/ol)