Pos Pengamanan TNI AL akan Ditempatkan di TPI Tulandale

berbagi di:
img-20200521-wa0010

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati Stefanus Saek, dan Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Anis Latif bersama sejumlah pimpinan OPD ketika memantau langsung kondisi TPI Tulandale, yang akan ditempatkan Pos Pengamanan TNI AL, Rabu (20/5). Foto: Frangky/VN

 

 

 

Frangky Johannis

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pulau Rote berencana akan menempatkan Pos Penjagaan di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Tulandale, Kelurahan Metina, Kecamatan Lobalain.

Rabu (20/5), Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati Stefanus Saek, dan Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Anis Latif bersama OPD terkait, memantau langsung kondisi TPI Tulandale, yang akan ditempatkan Pos Pengamanan TNI AL di situ.

Bupati Paulina di sela-sela kunjungan tersebut mengatakan, rencana penempatan Pos Penjagaan di TPI Tulandale sesuai permintaan Danlanal Pulau Rote.

Menurutnya, setelah pemantauan di TPI Tulandale ternyata ada bangunan yang tidak digunakan, tetapi kondisinya masih perlu direnovasi terlebih dahulu.
Namun, setelah berkoordinasi dengan pihak pengelola, diketahui bahwa prosedur pemanfaatan gedung tersebut, Pemkab dan Lanal harus mengajukan surat ke Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk pemanfaatan sebagai Pos Penjagaan TNI AL.

“Kami akan bersurat ke Kementerian Kelautan untuk memanfaatkan gedung tersebut untuk Pos Penjagaan TNI AL, mudah-mudahan disetujui,” kata Bupati Paulina.

Danlanal Pulau Rote Letkol Anis Latif penempatan Pos Pengamanan di TPI Tulandale adalah untuk melakukan pengawasan perairan laut demi kenyamanan para nelayan dalam melakukan aktivitas.

Anis mengatakan setelah dibangun Pos Pengamanan, maka pihaknya akan menempatkan personel untuk bertugas 24 jam untuk melakukan pengawasan di wilayah tersebut, bahkan semua areal laut di wilayah perairan Kabupaten Rote Ndao.

Terpisah, Bernabas Joni, Manager Sentra Kelautan Kabupaten Rote Ndao mengaku bersyukur dengan rencana Lanal Pulau Rote mendirikan Pos Penjagaan di TPI Tulandale karena dengan kehadiran pos tersebut dengan sendirinya akan menjaga aset Kementerian Kelautan dan Perikanan di sini.

Hanya saja, kata Bernabas, sesuai regulasi yang ada, Pemkab Rote Ndao dan Lanal Pulau Rote perlu menyurati Kementerian Kelautan dan Perikanan, cq Dirjen Pembenihan untuk pemanfaatan gedung tersebut. (bev/ol)