Potensi Mangan NTT dan Industri Mobil Listrik Masa Depan

berbagi di:
img-20210112-wa0024

 

 

 

 

Putra Bali Mula

Pemerintah pusat mulai melirik industri mobil listrik pada waktu mendatang dan industri ini membutuhkan berbagai bahan baku termasuk nikel dan mangan. NTT salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki potensi mangan.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi NTT, Jusuf Adoe kepada VN di ruang kerjanya pada Rabu (13/1) menanggapi rencana industri mobil listrik di masa mendatang.

“Potensi mangan di NTT ada di daratan Pulau Timor dan beberapa wilayah di Pulau Flores. Sementara nikel memang paling berpotensi di Sulawesi,” kata dia.

untuk kendaraan listrik, kata dia, ntt dapat memberikan kontribusi lewat mangan sebagai bahan baku accu mobil listrik.

“bisa untuk itu,” tukas Jusuf.

Menurutnya, proyek mobil listrik dari Indonesia adalah target besar untuk memitigasi pemakaian energi fosil yang sifatnya tidak dapat diperbaharui kembali. Termasuk potensi nikel di Provinsi NTT ada namun perlu disurvei secara detail terkait seberapa banyak ketersediaan dan pertimbangan sisi ekonomisnya apabila ditambang.

“Karena tambang ini padat modal,” kata dia.

Untuk diketahui, ada tiga unsur logam lain sebagai komponen baterai selain nikel yaitu kobalt, mangan dan litium. Untuk litium saat ini belum tersedia di Indonesia. (bev/ol)