PPDB Online, Antusias Orang Tua Siswa Baru Sangat Tinggi

berbagi di:
img-20200618-wa0051

 

 

 

Sinta Tapobali

Antusiasme orang tua dan calon siswa baru yang melakukan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online sangat tinggi.

Seperti yang terjadi di SMK 3 Kupang, dari target kuota 576 siswa baru, tiga jurusan di antaranya sudah memenuhi kuota dalam pelaksanaan PPDB hari pertama. Tiga jurusan ini di antaranya, Jurusan Tata Boga, Tata Busana dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).  Sedangkan dua jurusan lain yakni Perhotelan dan Tata Kecantikan telah terpenuhi dalam PPDB hari kedua.

“Tata Busana, Boga dan TKJ full hari Senin dan kemarin untuk Tata Kecantikan dan Akomodasi perhotelan juga sudah full,”  jelas Kepala Sekolah Jheni Bhasarie kepada VN Rabu (24/6).

Menurutnya, kuota di SMK 3 sebanyak 576 siswa sehingga pihak sekolah membuka 12 rombongan belajar (rombel). Satu rombel terdiri dari 36 siswa.

Selama proses PPDB, tidak ada kendala signifikan yang terjadi. Semua berjalan lancar karena SMK 3 sendiri sudah menyiapkan segala keperluan secara maksimal.

Kepala Sekolah SMA 2 Kupang, Max Nggeolima mengatakan PPDB di SMA 2 dibuka hingga hari ini Rabu, 24 Juni 2020. Hingga pukul 08.05 Wita secara otomatis tertutup karena kuota telah terpenuhi.

Menurutnya, SMA 2 mendapatkan kuota secara Nasional sebanyak 432 yang dibagi dalam 4 jalur di antaranya zonasi, perpindahan orang tua, prestasi dan afirmasi dan dibagi dalam 12 rombongan belajar. Untuk jalur zonasi sendiri sudah terpenuhi sejak hari pertama dengan jumlah peserta terdaftar sebanyak 216 orang.

Jalur zonasi dibagi dalam dua zona yakni zona 1 dengan jarak kurang lebih 500 meter dari sekolah dan zona 2 dengan jarak 500 M hingga 1 KM.

Adapun pembagian zona di antaranya zona 1 masuk Kelurahan Kelapa Lima, Oesapa Barat, Nefonaek, Pasir Panjang, Tode Kisar dan Kayu Putih. Sedangkan untuk zona 2 masuk Kelurahan Oesapa, Oesapa Selatan, Lasiana, Oeba, Fatubesi dan Fatululi.

Max mengatakan PPDB tahun ini berjalan lancar dan dilakukan secara online. Orang tua tidak diperkenankan untuk mendaftar anaknya secara offline.

Sedangkan untuk SMA 3 Kupang, kuota 50 persen jalur zonasi yakni sebanyak 216 siswa telah terpenuhi pada hari pertama. Sedangkan untuk jalur afirmasi dan prestasi non akademik masih dibuka hingga hari ini karena belum memenuhi kuota.

Kepala Sekolah SMA 3 Kupang, Selfina Dethan mengatakan untuk jalur zonasi di SMA 3 sendiri juga terbagi dalam zonasi 1 meliputi Kelurahan Naikoten, Kayu Putih dan Fatululi. Sedangkan zona 2 meliputi Kelurahan Oebufu, Tode Kisar, Fountein, Kuanino, Nunleu, Airnona, Bakunase dan Bakunase II.

Menurutnya, PPDB berjalan lancar tanpa adanya gangguan jaringan internet.

Ia juga meminta orang tua/wali murid untuk selalu memantau web SMA 3 untuk melihat hasil verifikasi dan pengumuman pada 25 Juni hari besok. Dan jika siswanya dinyatakan lulus maka diminta untuk melakukan proses pendaftaran ulang pada 26-29 Juni pukul 08.00-16.00 Wita.

Sri Handayani, orang tua murid mengatakan selama proses pendaftaran, ia dan anaknya tidak mengalami kendala dan hambatan apapun.

Semua berkas yang dibutuhkan untuk proses scan dan upload sudah disiapkannya dari jauh hari sebelum PPDB di mulai. Proses masuk ke website pun sangat mudah.

“Selama saya daftar tidak ada gangguan apapun. Saya pikir jaringan internetnya bisa lola atau apa, tetapi ternyata semua lancar. Anak saya daftar di SMA 2 Kupang. Dia mau ambil jurusan MIPA biar nanti bisa kuliah kedokteran,” ujarnya kepada VN ketika ditemui di depan SMP 8 Kupangz Rabu (24/6) siang ketika menemani anaknya melegalisir Surat Keterangan Lulus (SKL). (bev/ol)