Presiden Lepas Kontingen Indonesia ke Sea Games Pagi Ini

berbagi di:
jokowi-oke

 

Presiden Joko Widodo akan melepas kontingen Indonesia ke Sea Games XXIX 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Mereka terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial.

Berdasarkan agenda Istana Kepresidenan, Senin 7 Agustus 2017, pelepasan bakal dilakukan di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, sekitar pukul 09.00 WIB.

Pelepasan ini rencananya dihadiri Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman, dan Komandan Kontingen Indonesia dalam SEA Games 2017 Aziz Syamsuddin.

Pemerintah melalui Kemenpora mengucurkan dana sebesar Rp30,5 miliar dari Rp41,5 miliar anggaran yang dibutuhkan. Sisa anggaran didapat melalui pos anggaran Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

Potensi Emas

Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Ahmad Sutjipto, menyebut Indonesia berpotensi mendulang banyak mendali emas pada enam cabang olahraga (cabor) di SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia. Enam cabor itu adalah atletik, balap sepeda, bulu tangkis, pencak silat, angkat besi, dan karate.

Satlak Prima sebelumnya menargetkan Indonesia bisa membawa pulang 50-60 medali emas pada ajang multievent olahraga dua tahunan tersebut. Dengan perolehan itu, Indonesia bisa berada di peringkat keempat

Namun, peluang Indonesia mendulang banyak medali dinilai bakal sedikit terhambat. Pasalnya, dari 38 cabor ada 10 cabor andalan Indonesia tidak dipertandingkan. Cabor tersebut antara lain rowing, kano, perahu naga, angkat besi putri, voli pantai, beberapa nomor perlombaan sepeda, tinju putri, futsal putri, gulat, dan karate nomor-nomor kumite.

Sementara itu, Malaysia memasukkan tujuh cabor baru yang kurang familiar di Indonesia untuk dipertandingkan. Cabor tersebut yakni lawn ball, net ball, ski es, rugby seven, cricket, hoki es, dan petangue. Dari tujuh cabor ini, Sutjipto menyebut Malaysia bisa ambil 30 medali emas.

“Dari cabor-cabor tadi kita kehilangan hampir 30 medali emas, itu menjadi faktor yang sangat memengaruhi perolehan medali kita,” ungkap Pak Cip, sapaan Ahmad Sutjipto kepada¬†Metrotvnews.com, Senin 15 Mei 2017.

Upacara pembukaan SEA Games 2017 akan berlangsung pada 19 Agustus. Komite Olimpiade Malaysia (MASOC) menjanjikan upacara pembukaan akan sangat megah dan mewah di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

 

 

Sumber: MTVN