Program Bidikmisi Sangat Membantu Mahasiswa Tidak Mampu

berbagi di:
img_20210223_203024

 

 

 

 

Sinta Tapobali

Biaya pendidikan perguruan tinggi makin meningkat tiap tahun. Sebagian calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi sering terkendala mendapat kesempatan melanjutkan kuliah. Beruntung ada beasiswa Bidikmisi dari Pemerintah Pusat.

Program ini begitu bermanfaat bagi para calon mahasiswa, salah satunya Maria Yosepha Ina yang saat ini telah menjadi mahasiswa Jurusan Hukum Universitas Nusa Cendana Kupang.

Maria yang saat ini telah memasuki semester V di Fakultas Hukum Undana ini, mengaku awalnya dia direkomendasikan oleh pihak sekolah untuk bisa memperoleh beasiswa.

Kepada VN, Selasa (23/2), ia mengaku tidak begitu sulit untuk bisa mendapatkan beasiswa Bidikmisi ini, karena persyaratan yang diminta untuk diupload ke sistem pun cukup mudah dan bisa dipenuhi.

“Yang saya ingat waktu itu ada Kartu Keluarga, Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah dan BPJS. Lainnya saya lupa tapi yang penting itu Kartu Keluarga dan surat keterangan tidak mampu yang membuktikan bahwa benar saya berasal dari keluarga tidak mampu,” jelas Maria.

Menurutnya, setelah sepekan mendaftar ia dihubungi pihak universitas bahwa ia dinyatakan lulus masuk Undana melalui program Bidikmisi. Setelah mendapatkan informasi tersebut, ia kemudian diminta untuk datang ke universitas dan mengurus buku rekening serta ATM.

Setelah masuk ke iversitas, setiap semesternya ia selalu mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp 6 jutaan yang kemudian di potong biaya SPP per semester dan sisanya ditransfer ke rekening masing-masing mahasiswa.

Sisa uang tersebut ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan selama kuliah seperti biaya beli buku, fotocopy, uang kos, transportasi maupun kebutuhan lainnya.

“Beasiswa ini memang sangat membantu saya selama ini apalagi orang tua saya, ayah hanya buruh dan ibu hanya ibu rumah tangga. Uangnya saya pakai untuk kebutuhan sehari-hari dan saya sudah dapat selama 3 semester sejak masuk di tahun 2019,” ujarnya.

Ia menyampaikan terimakasih kepada pemerintah karena telah sangat membantunya untuk menggapai impiannya untuk kuliah di perguruan tinggi.

Untuk tetap memperoleh beasiswa Bidikmisi ini, setiap semesternya ia harus berupaya agar memiliki nilai IPK di atas 2,50 sebagai persyaratam agar beasiswa ini tidak dicabut.

Selain itu setiap semesternya ia juga harus tetap melapor diri melalui aplikasi yang telah disediakan pihak universitas agar mereka mengetahui bahwa ia mahasiswa aktif yang mendapatkan Bidikmisi.

Ia menambahkan beasiswa Bidikmisi akan tetap bisa ia peroleh hingga maksimal semester VIII. (bev/ol)