PT Pitoby Bangun Kolam Renang Bertaraf Internasional

berbagi di:
img-20210329-wa0037

 

Para pekerja sedang mengerjakan kolam renang milik PT Pitoby di lokasi Pitoby Sport Centre di Kelurahan Belo, Kota Kupang. Kolam renang itu dibangun dengan standar internasional dengan dilengkapi panggung penonton dan kolam loncat indah. Foto:paskal/vn.

Paskal Seran

PT Pitoby saat ini membangun kolam renang bertaraf internasional dengan panjang 50 meter dan lebarnya 25 meter dan dilengkapi dengan panggung untuk penonton dan tempat loncat indah, di Pitoby Sport Centre, Kelurahan Belo, Kota Kupang. Pembangunan kolam renang itu untuk mendukung prestasi renang di NTT, khususnya di Kota Kupang.

Hal itu diungkapkan Pemilik Pitoby Sport Centre yang juga Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi NTT, Boby Pitoby, kepada VN melalui pesan WhatsApp, Senin (29/3).

Dia mengakui, sampai saat ini ada atlet-atlet renang yang bisa mengharumkan nama NTT, seperti Rizky Agung Davidson Danbers Bire yang saat ini menjadi atlet PON Pertama asal NTT, tetapi minim sarana dan prasarana.

“Betul, kami membangun kolam renang untuk mendukung dan membangun atlet-atlet renang NTT. Karna atlet-atlet kita semua bisa berprestasi, namun minim sarana prasarana yang mendukung seperti kolam dan lainnya, sehingga bakat-bakat mereka terpendam,” tegasnya.

Sebagai Ketua PRSI NTT, kata dia, ia melihat bahwa atlet-atlet renang NTT saat ini belajar secara otodidak. “Kebanyakan atlet-atlet kita belajar otodidak dengan berenang di laut untuk berkompetisi. Sebagai ketua PRSI NTT, saya ingin mendorong atlet-atlet renang NTT agar dapat menjadi atlet-atlet nasional yang bukan saja bertanding di level nasional, tetapi juga internasional. Oleh sebab itu kita bangun kolam bertaraf internasional,” tandasnya.

Dia memperkirakan, kolam renang yang saat ini sedang dikerjakan bisa selesai pada Juni mendatang. “Kami berharap agar pekerjaannya cepat selesai. Minimal, Juni sudah bisa digunakan untuk persiapan atlet PON ketika sentralisasi dilakukan,” pungkasnya.

Pelatih Renang PON NTT Henoch Bire mengapresiasi pembangunan kolam renang bertaraf internasional itu. “Sebenarnya di lokasi Pitoby Sport Centre sudah ada kolam renang untuk latihan bagi para pemula dan anak-anak. Sementara kolam renang untuk lomba itu sementara dikerjakan. Kita patut mengapresiasi ini, apalagi kolam itu juga dilengkapi dengan kolam loncat indah dan panggung bagi penonton,” jelasnya.

Dengan niat baik pihak Pitoby itu, dia berharap ada bantuan dari masyarakat dan pemerintah untuk bergabung dan berpartisipasi. “Selain memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di dalamnya untuk kepentingan olahraga, saya mengajak juga masyarakat untuk mengirimkan anaknya dalam berprestasi. Khususnya dengan memanfaatkan kolam renang itu,” ajaknya.

Sebelumnya, diberitakan media ini, di bawah tangan dingin Ketua PRSI NTT Boby Pitoby dan Pelatih Renang Henoch Bire, NTT bisa mewakilkan salah satu atlet renangnya di PON XX Papua pada Oktober mendatang Rizky Agung Davidson Bire. Rizky menjadi atlet renang pertama NTT yang lolos PON sejak PON Pertama dihelat.

“Kami PRSI NTT sangat bangga dengan keberhasilan Rizky untuk mewakili NTT di ajang PON XX Papua,” ujar Pembina PRSI NTT ini.

Saat Pra PON lalu, kata dia, PRSI Provinsi NTT mengirim lima perenang, dua pelatih, satu official dan satu pengurus PRSI untuk mengikuti kejuaraan renang Indonesia Open di Jakarta. “Keikutsertaan atlet di kejuaraan skala nasional ini merupakan kegiatan pertama yang dibiayai penuh PRSI NTT,” jelasnya.

Rizky, kata dia, akan bertanding di Nomor Bebas 50 meter, Nomor kupu 50 meter, dan nomor bebas 100 Meter. “Dari tiga nomor ini, saya harap ada medali yang kita raih,” tegasnya. (Yan/ol)