Putri Pariwisata Manggarai Timur Akan Promosikan Kopi Colol

berbagi di:
img-20190705-wa0013

Puteri Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur Monik Andri didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur, Kanisius Judin. Foto: Gerasimos Satria/VN

 

Gerasimos Satria

Puteri Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Monik Andri berjanji akan mempromosikan keunggulan kopi Manggarai Timur pada event Pemilihan Puteri Pariwisata NTT tahun 2019.

Putri Pariwisata Matim yang berasal dari Kecamatan Kota Komba itu sengaja mempromosikan kopi Colol khas Matim karena termasuk kopi terbaik dunia.

“Saya akan mempromosikan keunggulan kopi Colol. Apalagi kopi yang bercita rasa khas ini sudah terkenal hingga ke mancanegara,” tutur Monik kepada wartawan di Borong, Jumat (5/7) siang.

Menurut Monik,  kopi Colol merupakan kekayaan alam Matim yang patut dibanggakan. Kopi Colol juga warisan leluhur yang sangat mendukung dunia pariwisata bahkan masuk dalam nominasi kopi terbaik.

“Kopi colol ada empat jenis. Ada kopi Kuria yang terbaik di dunia. Kopi Kuria juga sudah sangat terkenal keunggulannya karena cita rasa khas sendiri yang berbeda dengan kopi yang lainnya. Kopi Juria lebih berminyak, aroma lebih memikat orang untuk mencicip kembali. Kopi Colol sangat layak terbaik di dunia,” tutur Monik.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Kanisius Judin mengatakan pada Juli 2019 akan ada pemilihan Putri Pariwisata tingkat Provinsi NTT. Monik Andri akan mempromosikan kopi Colol yang menjadi keunggulan Manggarai Timur.

Dia mengaku Puteri Pariwisata Matim sudah mengunjungi sejumlah desa penghasil kopi Colol seperti Desa Colol di Kecamatan Poco Ranaka Timur. Desa Colol sendiri akan dijadikan desa wisata.

“Kita berharap potensi kopi Colol yang di Manggarai Timur mampu menarik wisatawan untuk berkunjung di Manggarai Timur. Apalagi di Manggarai Timur memiliki banyak obyek wisata yang akan memikat wisatawan untuk berlama-lama di Manggarai Timur,”ujar Kanisius. (bev/ol)