Resmi, Mentan Diberi Gelar Umbu

berbagi di:
img-20200922-wa0053

 

 

 

Frengky Keban

 

MENTERI Pertanian, Syahrul Yasin Limpo resmi diberi gelar Umbu oleh Bupati Sumba Tengah, Paulus S.K Limu usai tiba di Rujab Bupati Sumba Tengah, Selasa (22/9) siang.

Gelar umbu sendiri merupakan gelar bangsawan di Sumba Tengah.

Pemberian gelar ini sendiri ditandai dengan prosesi pemakaian pakaian adat sumba tengah (Paborung) mulai dari Rowa (topi), Dukudeta (selempang), Regi Borung (kain kecil untuk mengikat kain) dan Katopu (parang).

Prosesi disaksikan sendiri oleh Wakil Gubernur, Josep Nae Soi dan sejumlah tamu undangan lainnya seperti Bupati Sumba Barat, Agustinus Niga Dapawole, Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Marthen Christian Taka, Kapolres Sumba Barat, AKBP. FX Irwan Arianto, Dandim 1613/Sumba Barat, Letkol Czi Irawan Agung Wibowo, dan sejumlah Dirjen Kementerian Pertanian.

“Hari ini Bapak kami nobatkan jadi Umbu,”kata Bupati Paulus.

Hingga berita ini diturunkan rombongan Menteri pertanian masih di rujab Bupati Sumba Tengah untuk beristirahat sebelum menuju lokasi TJPS di desa Umbu Pabal di Kec. Umbu Ratu Ngay Barat. Kehadiran beliau guna meninjau persiapan calon lokasi food estate tanaman pangan di lokasi tersebut. (Yan/ol)