Resmi Sandang Gelar Doktor, Viktor Bungtilu Laiskodat Siap Jadi Dosen Luar Biasa

berbagi di:
2d9d57d0-03e3-42c8-ba4c-3a448ffa6a97

 

 

 

Putra Bali Mula

Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) resmi menyandang gelar doktor setelah mengikuti ujian disertasi S3 dari Fakultas Interdisiplin Program Studi Doktor Studi Pembangunan Universitas Kristen Satya Wacana.

Viktor dengan gelar doktornya tersebut juga siap memberikan dedikasinya dalam dunia pendidikan sebagai dosen luar biasa terkhususnya untuk almamaternya, Fakultas Interdisiplin Program Studi Doktor Studi Pembangunan Universitas Kristen Satya Wacana.

Prof. Daniel Kameo yang juga merupakan pembimbing disertasi VBL dalam pengumuman hasil ujian doktoral saat itupun menyebut nantinya VBL juga bersedia membagi ilmu tanpa imbalan. Kelulusan ujian disertasi VBL saat disampaikan tepat pukul 11.39 Wita oleh Prof Daniel Kameo.

“Beliau sampaikan kepada saya sebelumnya bahwa dengan gelar doktornya ini maka dia siap menjadi dosen luar biasa dan siap juga tanpa bayaran,” kata Prof Daniel Kameo di Aula Fernandez, Kantor Gubernur NTT, Rabu (16/12).

Daniel Kameo juga menyebut disertasi yang telah dibuat oleh VBL secepatnya akan diterbitkan menjadi buku yang dapat menjadi referensi terhadap pendidikan pariwisata.

“Disertasi ini akan disempurnakan dan dijadikan buku untuk masyarakat,” kata dia.

Ujian disertasi VBL ini diketahui mengenai Transformasi Pariwisata Nusa Tenggara Timur (Inclusive, Local Resources-based, Sustainable). VBL juga memakai 45 titik pariwisata yang tersebar di seluruh Provinsi NTT sebagai bahan dalam disertasinya saat itu dan mendapatkan pujian dari para penguji.

Viktor mengucapkan terima kasih kepada pembimbing, seluruh dosen dan dekan serta almamaternya sehingga ia dapat menyandang gelar doktor.

Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya khusus untuk Prof Daniel Kameo yang telah meyakinkannya untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi dan menyelesaikan disertasi itu.

VBL yang juga saat ini merupakan Gubernur NTT mengikuti ujian disertasi S3 yang digelar secara virtual pada saat itu yang mana dihadiri oleh sejumlah akademisi lainnya.

Pembimbing dan penguji yang terlibat dalam ujian tersebut nantinya adalah Prof. Daniel D. Kameo, Prof. Dr. Intiyas Utami, Dr. Wilson M.A. Therik, Titi Susilowati Prabawa, Dr. Gatot Sasongko, dan Prof. Dr. Fredrik L. Benu selaku Rektor UNDANA. (bev/ol)