Resmikan Bendungan Napunggete, Ribuan Personel Amankan Kunjungan Jokowi di Sikka

berbagi di:
foto-hal-01-cover-140221-bendungan-napunggete

 

PENGISIAN AIR: Penekanan tombol sebagai tanda dimulainya pengisian awal Bendungan Napunggete di Kabupaten Sikka, pada Senin (28/12/2020) lalu. Bendungan ini dikejakan mulai tahun 2017 dengan pagu anggaran APBN senilai Rp880.848.000.000. Foto:Gabriel Langga/MI.

 

 

 

Yunus Atabara

 

 

RIBUAN personel gabungan TNI-Polri disiagakan mengamankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan berkunjung ke Provinsi NTT, pada Selasa (16/2). Agendanya adalah meresmikan Bendungan Napunggete di Kabupaten Sikka.

“Total seribu personel gabungan TNI dan Polri siap mengamankan dan mengawal kunjungan kerja Presiden di Sikka,” ungkap Dandim 1603/Sikka Letkol Inf M Sulnalendra yang bertindak sebagai Dansub Satgas kunker Presiden Jokowi di Sikka kepada VN, kemarin.

Personel keamanan, kata Sulnalendra, disebar di sejumlah titik pengamanan seperti di Bandara Frans Seda Maumere, serta beberapa titik lainnya, termasuk di lokasi peresmian Bendungan Napunggete.

Sementara Kapolres Sikka AKBP Sajimin dalam Sprin Kapolres Sikka No: SPRIN/149/II/PAM.2./2021 tanggal 12 Februari 2021, menerjunkan 439 personel Polres Sikka untuk ikut melakukan pengawalan dan pengamanan kunker Presiden Jokowi.

Baik Dandim maupun Kapolres, mengingatkan personel masing-masing yang akan bertugas untuk mengenakan masker dan alat pengaman diri lainnya, serta mengutamakan tindakan preventif.

 
Rundown Acara

 

Terpisah, Kabag Humas Setkab Sikka Very Awalles membenarkan soal rencana kunker Presiden Jokowi. “Saat ini kami lagi rapat final untuk memastikan rundown acara kunjungan Bapak Presiden pada Selasa, 16 Februari 2021,” ujarnya.

Sebagaimana rundown acara yang diterima dari Sekretariat Negara, Awales menyampaikan bahwa pada Selasa (16/2), Jokowi akan take off dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 07.30 WIB menuju Bandara Frans Seda Maumere dan tiba sekitar pukul 11.00 Wita.

Setelah beristirahat sejenak dan menunaikan sejumlah agenda di Maumere, Jokowi dijadwalkan menuju lokasi Bendungan Napunggete sekitar pukul 13.30 Wita.
Pada kesempatan itu Jokowi akan meresmikan Bendungan Napunggete dan penanaman pohon alpukat mentega, dan langsung kembali ke Bandara Frans Seda untuk take off sekitar pukul 15.25 Wita menuju Jakarta.

Sementara Karo Humas Setda NTT Marius Ardu Jelamu mengaku belum mendapatkan surat resmi dari Protokol Kepresidenan mengenai jadwal kunjungan Jokowi ke NTT, karena itu ia belum bisa memberikan keterangan pers.

“Iya memang persis seperti itu, tetapi secara protokoler kami belum mendapat informasi resmi dari Protokol Kepresidenan di Istana sehingga terkait agenda resminya kami belum bisa berikan keterangan. Teknisnya harus kami dapat informasi dari Protokol Kepresidenan dulu,” ungkapnya.

Kendati demikian, Marius mengaku telah melakukan rapat koordinasi untuk persiapan penyambutan Presiden.

Untuk diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah melakukan pengisian air di Bendungan Napunggete. Pengisian awal air di bendungan yang terletak di Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka itu ditandai dengan penekanan tombol oleh Direktur Bendungan dan Danau Ditjen SDA Airlangga Mardjono, Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Agus Sosiawan, Ketua DPRD Sikka Donatus David dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sikka, Frederikus Fidelis Kaju Djen, Senin (28/12/2020) lalu.

Bendungan Napunggete memiliki kapasitas tampung air mencapai 11 juta meter kubik dan mampu meningkatkan daerah irigasi seluas 300 hektar. (mg-10/R-2/yan/ol)