Rini Soemarno Pantau TPI Labuan Bajo

berbagi di:
fb_img_1570422835635

 

 

Gerasimos Satria

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kampung Ujung Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (7/10) pagi.

Ia mengunjungi TPI Kampung Ujung Labuan Bajo untuk melihat langsung aktivitas para nelayan dan penjual ikan di TPI yang baru diresmikan akhir 2018 lalu itu. TPI tersebut dibangun PT. ASDP Indonesia.

Saat bercengkrama dengan para pedagang, Mentri Rini meminta agar mereka tetap menjaga kebersihan lapak masing-masing agar pengunjung betah di TPU.

“Kita minta pedagang untuk selalu menjaga kebersihan di lapak-lapak ikan. Jalan masuk menuju TPI akan kita benahi. Intinya yang terbaik buat para pedagang di TPI Labuan Bajo,” ujar Rini.

Dia menjelaskan TPI Labuan Bajo bisa mendukung sektor pariwisata dengan adanya pusat kuliner terpadu. BUMN bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menata Labuan Bajo yang menjadi kota tujuan utama pariwisata. Apalagi Labuan Bajo memiliki potensi ikan yang berkualitas dan hanya ada di periaran Labuan Bajo.

“Dengan adanya TPI dapat membentuk banyak usaha UMKM, restoran kecil di sini, kita bina juru masak lewat pelatihan untuk masyarakat Manggarai Barat untuk bisa disajikan kepada para wisatawan,” kata Rini.

Rini menjelaskan TPI Labuan Bajo yang baru dibuat jauh lebih baik dari segi kualitas dan higienitas sehingga penting agar TPI bisa dijaga untuk mendukung potensi pariwisata setempat. (bev/ol)