Ruang Isolasi Terendam Air, Perawat dan Bidan Panik

berbagi di:
img-20200526-wa0050

Kondisi ruangan yang terendam banjir. Foto: Yunus/VN

 

 

 

Yunus Atabara

Hujan deras yang mengguyur Kota Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, NTT sejak pukul 03.00 Wita dini hari, hingga pukul 10.00 Wita mengakibatkan air meluap dari drainase RS TC Hillers.

Air merendam halaman dan seluruh ruangan isolasi termasuk 15 ruangan yang ditempati 27 pasien positif Covid-19.

Kepala Ruang Isolasi RS TC Hillers, Lusia Lero, kepada VN Selasa (26/5) menjelaskan, air yang masuk ruang isolasi setinggi 1-2 cm. Kondisi itu membuat sejumlah petugas medis panik dan langsung berhamburan, membersihkan halaman dan ruang isolasi.

“Sekitar pukul 08.00 Wita air mulai masuk ke dalam ruang isolasi. Kami mulai panik, angkat semua barang barang yang di lantai ke atas tempat yang lebih tinggi sambil membersihkan air dalam ruangan,” kata Lusia sebagai penanggung jawab di ruang isolasi RS TC Hillers.

Lusia menjelaskan, saat air masuk dalam ruang isolasi, sebagian besar pasien positif Covid-19 masih tidur. Saat itu, Lusia meminta pasien untuk tetap berada di tempat tidur masing-masing dan petugas membersihkan ruangan.

Sejumlah petugas medis saat membersihkan air dan lumpur di halaman gedung ruang isolasi, Selasa (26/5) pagi. Foto: Yunus/VN
Sejumlah petugas medis saat membersihkan air dan lumpur di halaman gedung ruang isolasi, Selasa (26/5) pagi. Foto: Yunus/VN

Lusia mengaku, gedung ruang isolasi tersebut memiliki drainase yang cukup baik dan air mengalir dengan lancar. Tetapi karena curah hujan yang besar dalam waktu yang lama, membuat air meluap dari drainase dan menggenangi halaman bahkan masuk dalam ruangan isolasi.

“Got ada dan lumayan besar. Tapi karena hujan deras sekali dan lama sekali, makanya halaman terendam dan masuk sampai ke dalam ruangan,” kata Lusia, yang dibenarkan petugas medis lainnya.

Menurut Lusia, kurang lebih 2 jam kemudian petugas medis berhasil membersihkan halaman dan seluruh ruangan isolasi. Pelayanan terhadap pasien positif Covid-19 tetap berjalan lancar seperti biasa.(bev/ol)