Rutan Kupang belum Terima Kunjungan

berbagi di:
Kepala Rutan Kelas IIB Kupang Yohanis Varianto

Yapi Manuleus

HINGGA saat ini Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kupang belum mengizinkan kunjungan. Para tahanan belum diperbolehkan menerima kunjungan keluarga maupun sabahat kenalan. Kebijakan  ini ditempuh untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan Rutan.
“Sampai saat ini kami belum menerima kunjungan keluarga. Masih tunggu edaran dari Pusat,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Kupang Yohanis Varianto.
Meski belum menerima kunjungan, namun tahanan yang baru tetap diterima, khusus para tahanan yang kasusnya sudah dilimpahkan ke pengadilan.

Sesuai edaran Dirjen Pemasyarakatan Nomor PAS-20.PR.01.01 Tahun 2020, bahwa penerimaan tahanan baru wajib menerapkan protokol kesehatan mulai dari proses masuk sampai pada proses penempatannya di blok hunian Rutan.
Pihaknya menjelaskan sebelumnya pihak kejaksaan telah melakukan koordinasi dengan Rutan sehingga pihaknya menyiapkan kamar isolasi khusus yang terlebih dahulu disterilkan menggunakan disinfektan.
“Ya, kita sudah mulai terima tahanan baru dari kemarin. Sebelum masuk ke area Rutan, tahanan wajib mengenakan masker, masuk boks sterilisasi, kemudian dicek suhu tubuhnya, dan dicek kembali kesehatannya oleh tim medis Rutan, yang  mengenakan alat pelindung diri (APD).

Barang bawaan dari para tahanan juga disemprotkan disinfektan dan semua tahanan baru wajib masuk ke ruang isolasi mandiri selama 14 hari guna mencegah penyebaran Covid-19 di Rutan.

Pihaknya juga selalu melakukan koordinasi dengan kepolisian, kejaksaan maupun pengadilan terkait pengiriman dan penerimaan tahanan baru.
“Kami selalu berkordinasi, mengingat penentuan waktu masuknya tahanan baru didasarkan pada kesiapan kamar isolasi di Rutan,” ujarnya.
Dia mengapresiasi pegawai Rutan Kelas IIB Kupang yang terlibat langsung dalam proses penerimaan tahanan baru yang dengan tetap menerapkan pelayanan prima walaupun harus berhati-hati.  (amy/ol)