SDM, Pariwisata, dan Peningkatan Layanan Publik jadi Fokus 2021

berbagi di:
img-20200222-wa0009

Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M Saek memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2021 tingkat Kecamatan Lobalain, di kantor Kecamatan Lobalain, Rabu (19/2). Foto: Frangky/VN

 

 

Frangky Johannis

Percepatan Pembangunan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Pariwisata, dan Peningkatan Pelayanan Publik menjadi tema fokus pembangunan Kabupaten Rote Ndao tahun 2021.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M Saek ketika membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan Tahun Anggaran 2021, di kantor Kecamatan Lobalain, Rabu (19/2).
Dikatakan Wabup Stefanus, tema ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam pemantapan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik menuju kemandirian dan daya saing daerah, mulai dari desa/kelurahan, agar pembangunan yang dilakukan dapat langsung menyentuh masyarakat.

“Tema tersebut sejalan dengan tema pembangunan nasional dan Provinsi NTT, dan juga sesuai dengan visi-misi RPJMD Kabupaten Rote Ndao Tahun 2019-2024,” kata dia.

Forum Musrenbang Kecamatan ini, kata dia, juga merupakan bentuk komitmen bersama di antara para pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Sehingga, diharapkan semua usulan yang telah disepakati dalam Pra Musrenbang disiapkan data pendukungnya dengan baik, sehingga dapat terjawab jika diusulkan dari DAK, APBD Provinsi NTT, dan APBN.

“Semua yang kita usul harus ada data pendukunganya untuk menjamin ketika ditetapkan menjadi program prioritas kabupaten dan dilaksanakan, tidak bermasalah di kemudian hari,” ujarnya.

Wabup Saek menambahkan, mulai tahun 2020 ini, akan dilaksanakan Perencanaan Pembangunan Berbasis Elektronik (E-Planning), sehingga semua usulan desa/kelurahan dan perangkat daerah harus diinput ke dalam aplikasi E-Planning SIPD, sehingga proses perencanaan dan penganggaran dapat berjalan secara transparan dan tersinkronisiasi.

Ia menambahkan, sebagai penjabaran tema pembangunan 2021 tersebut, maka prioritas pembangunan tahun 2021 adalah: Pengentasan Kemiskinan, Pencegahan dan Penanganan Stunting, Pembangunan Pariwisata, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, dan Penciptakan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih, serta Meningkatkan Pelayanan Publik.

“Hasil Musrenbang ini digunakan untuk Penyusunan Rancangan RKPD Kabupaten Rote Ndao tahun 2021,” ujarnya.

Plt Camat Lobalain Nuzry Zacharias dalam laporannya mengatakan, sebanyak 67 usulan kegiatan telah dihasilkan dalam Pra Musrenbang yang merupakan usulan prioritas desa/kelurahan se-Kecamatan Lobalain belum lama ini.

Menurutnya, ke-67 kegiatan prioritas tersebut, yakni 22 kegiatan Bidang Ekonomi, 27 kegiatan Bidang Sosial, dan 18 kegiatan Bidang Fiskik dan Prasarana (Fispra).
Ia berharap agar seluruh kegiatan prioritas yang diusulkan dari Kecamatan Lobalain ini dapat diakomodir seluruhnya dalam APBD Tahun Anggaran 2021 mendatang.

“Kami sangat berharap 67 kegiatan prioritas yang diusulkan oleh desa/kelurahan di Kecamatan Lobalain ini dapat terakomodir seluruhnya di tahun 2021,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Musrenbang tingkat kecamatan telah dilaksanakan sejak beberapa hari lalu. Pada Rabu (19/2) dilaksanakan di Kecamatan Lobalain dan Rote Selatan, Kamis (20/2) akan dilaksanakan di Kecamatan Rote Tengah dan Pantai Baru. (bev/ol)