Selokan di Belakang Pasar Kasih Penuh Limbah dan Sampah Plastik

berbagi di:
img-20200810-wa0025

Inilah selokan yang berada tepat di belakang Pasar Kasih Naikoten I Kupang yang dipenuhi sampah plastik dan lombah yang kotor. Foto diabadikan Senin (10/8) siang. Foto:Yapi Manuleus/vn.

Yapi Manuleus

SELOKAN besar yang berada di belakang Pasar Kasih Naikoten I yang masuk wilayah RT 24 dan RT 25 Kelurahan Naikoten I, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang terlihat sangat jorok dan berbau akibat banyak limbah disertai sampah plastik yang menumpuk di dalam selokan tersebut

Pantauan VN, Senin (10/8) siang, tampak dalam selokan tersebut berbagai jenis sampah plastik bercampur limbah menumpuk menjadi satu.

Limbah yang berwarna hitam itu hanya tergenang dalam selokan dan tak bisa mengalir karena tersumbat gumpalan sampah plastik. Akibatnya, aroma tak sedap atau bau busuk menebar di sekitar lokasi.

img-20200810-wa0024

Ironisnya, kali yang berada di bawah sebuah jembatan kecil tersebut berdekatan dengan kos-kosan.

Lurah Naikoten I, Budi Izack yang langsung dikonfirmasi VN mengaku lokasi tersebut sudah berulang kali dibersihkan oleh pihaknya bersama DLHK kota Kupang. Ia mengharapkan adanya kesadaran dari warga sekitar untuk tidak membuang sampah secara sembarangan.

“Sepanjang kali sampai di belakang pasar itu, kita sudah beberapa kali bersihkan kaka. tapi kita kembalikan ke perilaku masyarakat apalagi itu kan semua pengguna jalan yg lewat jembatan itu yang sering buang sampah di situ jadi intinya kita bicara kesadaran masyarakat yang masih sangat kurang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Kupang Yeri Padji Kana yang dikonfirmasi VN terkait limbah sampah tersebut langsung menanyakan alamat selokan tersebut.

“Selokan di mana? Apa ini di belakang pasar Kasih Naikoten I ko?,” tanya Yeri Padji Kana
(Yan/ol)