Seorang Pelaku Perjalanan Meninggal di KM Siguntang

berbagi di:
img-20200927-wa0031

 

Proses evakuasi pelaku perjalanan yang meninggal di atas KM Bukit Siguntang, di Pelabuhan L Say Maumere, Minggu (27/9) siang.

 

 

 

Yunus Atabara

 
SEORANG pelaku perjalanan dari Kalimantan ke Maumere, Yoseph Dori (56) warga Ojang, Desa Ojang, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, meninggal di atas Kapal KM Bukit Siguntang, Sabtu (26/9) sekitar pukul 16.00 Wita dalam pelayaran dari Makasar ke Maumere.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Herlemus kepada VN Minggu (27/9) menjelaskan bahwa laporan hasil penyelidikan epidemologi, terhadap pelaku perjalanan di atas kapal, pada pukul 11.00 Wita, berdasarkan hasil klinis dengan gejala perut sakit dan muntah-muntah.

“Dalam riwayat klinis memiliki gejala, sakit perut dan muntah-muntah. Pasien meninggal di atas kapal pada pukul 16.00 wita, Sabtu (26/9) sore di atas kapal,” kata Herlemus.

Herlemus menjelaskan bahwa berdasarkan riwayat sakit yang bersangkutan sebelumnya memiliki riwayat strok ringan sejak tahun 2019 silam. Tetapi yang setelah itu yang bersangkutan berangkat ke Balikpapan Kalimantan untuk bekerja.

Herlemus menambahkan bahwa yang bersangkutan juga memiliki riwayat perjalanan ke daerah terpapar covid 19 transmisi lokal, dalam 14 hari sebelum yang bersangkutan meninggal dunia.

“Kendati demikian dalam 14 hari terakhir, yang bersangkutan tidak memiliki riwayat kontak langsung dengan kasus suspek ataupun terkonfirmasi positif covid 19,” ujarnya.

Oleh karena itu, dalam pemeriksaan medis, tidak ditemukan adanya tanda-tanda atau gejala mengarah ke covid 19. Kendati demikian, karena yang bersangkutan melakukan perjalanan dari daerah transmisi lokal maka protokol pemetian, evakuasi dan penguburan tetap di jalankan sesuai protokol penyakit menular.

“Yang bersangkutan dikuburkan seperti biasa. Tetapi tetap dalam tata cara protokoler kesehatan, seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker,” kata Herlemus.

Sedangkan, Kapal KM Bukit Siguntang dan area lainnya tetap dilakukan desinfeksi sesuai protokol kesehatan oleh petugas Satgas Covid 19 Sikka bersama KKP Pelabuhan Lorens Say Maumere, sebagai langkah antisipatif. (Yan/ol)