Sesak Napas, Nahkoda KM Meratus Diperiksa Satgas Covid-19

berbagi di:
img-20200430-wa0029

Satgas Covid-19 dan petugas KKP Pelabuhan L Say sebelum naik ke atas Kapal Meratus, Kamis (30/4) siang. Foto: Yunus/VN

 

 

Yunus Atabara

Nahkoda KM Meratus, Susilo, mengalami sakit lambung dan sesak napas, usai sahur subuh dini hari.

Petuga Satgas Covid-19 Sikka dan KKP Pelabuhan L Say langsung melakukan pemeriksaan yang di atas kapal.

Kepala Cabang Meratus Maumere Muhamad Ridwansyah kepada VN Kamis (30/4) di Pelabuhan L Say Maumere mengatakan selesai sahur, Susilo menghubungi pihak Meratus dengan keluhan sakit lambung dan sesak napas. Sehingga, pihaknya langsung menghubungi Satgas Covid-19 Sikka, agar yang bersangkutan menjalani pemeriksaan kesehatan di atas kapal.

“Sebelum sandar, kapten sudah menghubungi saya, bahwa kondisinya sudah membaik. Setelah dia minum susu, sesuai anjuran dari keluarganya,” ujar Ridwansyah.

Meski demikian, ia mempersilahkan Satgas Covid-19 Sikka dan KKP Pelabuhan L Say untuk melakukan pemeriksaan sesuai protap / kesehatan.

KM Meratus saat sandar di Pelabuhan L. Say Maumere
KM Meratus saat sandar di Pelabuhan L. Say Maumere

Kepala BPBD Sikka Daeng Bakir mengatakan pemeriksaan kesehatan kapten KM Meratus akan dilakukan sesuai protokoler kesehatan. Apabila terindikasi Covid-19, maka seluruh ABK dan nahkoda wajib menjalani pemeriksaan termasuk pemeriksaan suhu tubuh dan rapid test.

“Sangat tergantung hasil pemeriksaan. Kita serahkan kepada petugas KKP dan Satgas Covid-19,” kata Bakir.

Pantauan VN di Pelabuhan L Say, sejak pukul 10.00 Wita, kapal Meratus tidak bisa sandar di Pelabuhan L Say Maumere. Mereka menunggu petugas untuk melalukan pemeriksaan. Setelah petugas tiba di Pelabuhan L Say, baru kapal Meratus sandar di Pelabuhan.

Pukul 13.30 Wita, kapal sudah bersandar dengan aman di Pelabuhan L Say,

Satgas Covid 19 maupun KKP Pelabuhan L Say, sebelum naik ke atas kapal Meratus mengenakan pakaian pelindung diri lengkap juga membawa alat rapid test serta berbagai perlengkapan lainnya. (bev/ol)