Silaturahmi Lebaran Lewat Media Elektronik dan Sosmed

berbagi di:
bupati-belu-willy-new

 

 

 

 

Mutiara Malahere

Bupati Belu Willybrodus Lay mengimbau semua umat muslim yang berdomilisi di Kabupaten Belu yang hendak merayakan Idul Fitri di tengah pendemi Covid-19 agar bersilaturahmi dengan sesama melalui media elektronik dan media sosial.

Dalam rapat bersama Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) siap mendukung Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 6 Tahun 2020 terkait Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Tengah Pendemi Wabah Covid-19 yang menegaskan semua bentuk ibadah selama puasa, malam takbiran dan sholat Ied berlangsung di rumah masing-masing.

Hal tersebut diungkapkan Bupati LayLay kep VN, Jumat (22/5) di Atambua.

Bupati Lay mengatakan dalam situasi pandemi Covid-19, umat muslim bisa bersilaturahmi melalui media elektronik, handphone, maupun akun media sosial untuk melepas kerinduan umat muslim dengan keluarga, kerabat, maupun teman-teman yang tinggal di tempat berbeda.

“Situasi Covid-19 saat ini cukup membuat semua bentuk aktivitas masyarakat menjadi terbatas namun demikian tidak mampu memutuskan hubungan silaturahmi dan umat muslim dapat memanfaatkan teknologi media komunikasi elektronik dan sosmed dengan keluarga, kerabat dan teman-teman,” ungkap Bupati Lay.

Ia mengaku cukup prihatin karena pelaksanaan ibadah puasa tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena umat muslim tidak melakukan ibadah di masjid, sholat tarawih, maupun berbuka puasa bersama seperti lazimnya, bahkan aktivitas keagamaan dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga.

Namun, ia berharap masyarakat Kabupaten Belu dapat mendukung perayaan lebaran tahun ini dengan menjaga situasi tetap aman dan kondusif dan tetap menjaga toleransi serta saling menghargai antar sesama umat beragama. (bev/ol)