Sinar Mas Edukasi Siswa di Rote tentang Literasi Keuangan

berbagi di:
img-20200214-wa0032

Direktur Asuransi Sinar Mas Martin P Lalamentik dan Dumasi MM Samosir bersama Kepala SMP Negeri 2 Lobalain Maritje S Thien, foto bersama seluruh siswa penerima polis gratis Simas Siswa Mikro, di lapangan upacara sekolah tersebut usai rangkaian kegiatan literasi, Jumat (14/2).

 

Frangky Johannis

PT Asuransi Sinar Mas melaksanakan kegiatan Literasi Keuangan bagi siswa SMP Negeri 2 Lobalain dan SMA Negeri 1 Lobalain di Kabupaten Rote Ndao, Jumat (14/2).

Pantauan VN di SMP Negeri 2 Lobalain, pelaksanaan literasi dan inklusi keuangan yang dilakukan PT Asuransi Sinar Mas di Rote Ndao sangatlah istimewa karena dua orang direksi perusahaan yang didirikan (alm) Eka Tjipta Wijaya tersebut, yakni Martin P Lalamentik dan Dumasi MM Samosir turun langsung mengajar para siswa sekaligus sharing mengenai masalah asuransi.
Edukasi dilakukan bagi para siswa tersebut dilakukan dengan menggunakan metode campuran story telling, gimmick, dan baca puisi.

Dumasi MM Samosir menjelaskan, pelaksanaan literasi keuangan telah menjadi komitment Asuransi Sinar Mas dalam mendukung program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan keuangan melalui kegiatan literasi dan edukasi keuangan.

Ia  juga memperkenalkan asuransi mikro yang dapat digunakan untuk proteksi keuangan dari resiko yang tidak terduga, dengan harapan para siswa dan guru dapat menjadikan asuransi mikro sebagai pilihan untuk proteksi keuangan keluarga.

Menurutnya, Simas Siswa Mikro merupakan asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam kepada peserta terhadap resiko kematian, cacat tetap dan biaya pengobatan akibat kecelakaan, santunan tunai harian untuk rawat inap akibat sakit/kecelakaan maksimum tujuh hari, serta santunan biaya pemakaman akibat sakit/kecelakaan. Sedangkan Simas Perlindungan merupakan asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam terhadap resiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin polis dan memberikan penggantian biaya perawatan atau pengobatan medis akibat kecelakaan.

Dumasi juga memperkenalkan dan membagikan Celengan Impian, yang merupakan celengan sederhana yang diinisiasi Asuransi Sinar Mas untuk mengedukasi para siswa agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung agar dapat mewujudkan impiannya.

“Pelajar menjadi salah satu sasaran peserta literasi keuangan Asuransi Sinar Mas. Kami berharap dengan memberikan edukasi keuangan sejak dini, siswa dapat mengenal perencanaan keuangan dan cara mengelola keuangan seperti menabung dan memiliki proteksi asuransi,” kata dia.

 Direktur Asuransi Sinar Mas Martin P Lalamentik menyerahkan polis Simas Siswa Mikro kepada Hendry Petra Rihi dan Dumasi MM Samosir menyerahkan kepada Zandriana Yualita Manafe disaksikan Kepala SMP Negeri 2 Lobalain Maritje S Thien, usai rangkaian kegiatan literasi di sekolah tersebut, Jumat (14/2). Foto: Frangky/VND

Direktur Asuransi Sinar Mas Martin P Lalamentik menyerahkan polis Simas Siswa Mikro kepada Hendry Petra Rihi dan Dumasi MM Samosir menyerahkan kepada Zandriana Yualita Manafe disaksikan Kepala SMP Negeri 2 Lobalain Maritje S Thien, usai rangkaian kegiatan literasi di sekolah tersebut, Jumat (14/2). Foto: Frangky/VND

Martin P Lalamentik menjelaskan, komitmen pelaksanaan literasi keuangan dari Asuransi Sinar Mas ini sejalan dengan semangat MenCINTAImu INDONESIAku yang menjadi tema dari kalender 2020 Asuransi Sinar Mas serta mendukung program OJK dan Kementerian Keuangan.

Menurutnya, sejak tahun 2015 Asuransi Sinar Mas telah memberikan literasi keuangan kepada 142.000 peserta, membagikan 102.000 kartu asuransi mikro secara gratis serta membagikan 25.000 Celengan Impian di berbagai wilayah.

“Pada tahun 2020, kami menargetkan membagikan 38.000 kartu asuransi mikro secara gratis kepada peserta literasi di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, dan Nusa Tenggara Timur. Jenis asuransi disesuaikan dengan jenis peserta. Untuk siswa akan diberikan Simas Siswa Mikro, untuk petani diberikan Simas Petani, sedangkan untuk guru dan pegiat UMKM diberikan Simas Perlindungan,” ujarnya.

Kepala SMP Negeri 2 Lobalain Maritje S Thien menyampaikan terima kasih kepada direksi Asuransi Sinar Mas yang berkenan menyampaikan materi literasi dan inklusi keuangan bagi para siswa, sekaligus menyerahkan kartu Asuransi Siswa Mikro dan Celengan Impian 747 orang siswa dan 41 guru di sekolah tersebut secara gratis untuk satu tahun masa pertanggungan.
Hendry Petra Rihi, siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 2 Lobalain sebagai salah satu penerima asuransi gratis kepada VN mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan Asuransi Sinar Mas tersebut sangat luar biasa manfaat yang diperoleh.

Menurutnya, awalnya dirinya tak terlalu berminat mendengarkan penjelasan yang disampaikan, tetapi ternyata setelah mendengar pemaparan dengan metode cerita, gimmick, dan baca puisi, akhirnya dirinya tertarik. “Ternyata asuransi itu banyak manfaatnya. Melalui kegiatan tersebut kami mendapat pelajaran berharga dan bekal untuk ke depannya,” kata Petra.
Untuk diketahui, setelah selesai kegiatan di SMP Negeri 2 Lobalain, dua direktur Asuransi Sinar Mas Martin P Lalamentik dan Dumasi MM Samosir melanjutkan kegiatan di SMA Negeri 1 Lobalain.

Data yang diperoleh dari pihak panitia, dalam kegiatan tersebut sebanyak 1.882 siswa dan 128 guru di dua sekolah tersebut mendapatkan asuransi gratis selam setahun dari Asuransi Sinar Mas. (bev/ol)