SK DPRD NTT Periode 2019-2024 Sedang Diproses

berbagi di:
Sekretaris DPRD NTT, Drs. Thobias Ngongo Bulu, M.SI

Sekretaris DPRD NTT, Drs. Thobias Ngongo Bulu.

 

 

Ayub Ndun

Surat Keputusan pelantikan anggota DPRD NTT terpilih periode 2019-2024 sedang diproses Pemerintah Provinsi NTT ke Kementrian Dalam Negeri. Anggota DPRD dipastikan dilantik di aula sidang utama gedung DPRD NTT.

“SK dewan baru sudah berproses sekarang, dan nama-nama mereka sudah diberikan KPU NTT kepada Gubernur NTT dan Gubernur melalui Biro Tata Pemerintahan sudah diproses dan dikirimkan ke Kemendagri,” ujar Sekretaris DPRD NTT Thobias Ngongo Bulu kepada VN, di gedung DPRD NTT, Senin (12/8)

Ia mengatakan Biro Tata Pemerintahan NTT juga telah meminta berita acara pengangkatan DPRD NTT lama periode 2014-2019 sebagai langka menerbitkan SK pemberhentian.

Dia berharap dalam waktu tidak terlalu lama, minimal pada 20 Agustus pihaknya sudah memperoleh SK pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD NTT, sehingga ke depan tidak terjadi hambatan.

Disinggung mengenai gedung DPRD NTT yang sedang direnovasi dapat digunakan pada pelantikan, dia menegaskan gedung tidak menjadi masalah karena sudah tahap finishing pekerja sementara mengerjakan bagian plafon sedangkan bagian atap dan sisi dalam ruang utama sudah selesai.

“Hanya tinggal plafon saja di atas dan dalam sudah selesai. Sekarang kami benahi di dalam. Kalau gedung tidak ada masalah,” tambah dia.

Mengenai daya tampung saat acara pelantikan 65 anggota DPRD NTT berlangsung, dia optimis aula utama gedung DPRD bisa menampung. Sebab jika tidak, maka pelantikan bisa di tempat lain seperti aula El Tari.

“Mau sempit bagaimana pun, saya akan optimalkan di sini, itu aturannya begitu. Kita pindah gedung juga ada aturannya, jadi tidak hanya cari ruang luas, tidak. Saya pastikan terlaksana di sini kecuali ada perintah lain,” tegas dia.

Sementara itu, terkait PIN dan seragam DPRD NTT yang baru, menurutnya sudah dianggarkan. Terkait PIN para dewan yang terbuat dari emas anggarannya sudah ada dalam APBD Perubahan 2019 karena terjadinya kenaikan harga emas, sehingga akan diadakan pada September mendatang.

Sementara Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno kepada VN, mengatakan anggota DPRD NTT 2014-2019 sesuai SK Menteri Dalam Negeri akan mengakhiri masa jabatan pada 3 September 2019 mendatang.  Pada saat itu juga akan dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota DPRD NTT baru periode 2019-2024 oleh Ketua Pengadilan Tinggi NTT.

Menurutnya, anggota DPRD NTT tidak mengalami penambahan jumlah anggota dan tetap 65 orang dari 8 Dapil berbeda di NTT. Sedangkan untuk jumlah fraksi tentu ada perubahan sesuai keterpilihan anggota dan sebaran dari tiap partai.  Sebagai Ketua DPRD NTT, pihaknya bersama Sekretariat Dewan sedang mempersiapkan hal teknis terkait pelantikan.

“Kami DPRD dan Sekwan masih mempersiapkan hal-hal terkait pengambilan sumpah janji. Minggu lalu, senin (5/8) lalu KPU NTT telah menyerahkan hasil ke Gubernur NTT lalu berkoordinasi dengan DPRD untuk dikirim ke Mendagri untuk penerbitan SK pemberhentian dan SK pengangkatan DPRD 2019-2024,” ujar Politisi Golkar ini.

Dia meminta kontraktor pelaksana agar segera menyelesaikan renovasi gedung DPRD NTT dan mereka menyanggupi sebelum 20 Agustus proyek bisa selesai.

Politisi Golkar ini, berharap pelantikan anggota DPRD yang baru dapat dilakukan di gedung yang telah direnovasi, mengingat acara tersebut tentu banyak tamu yang hadir. Jika tidak memungkinkan pihaknya akan menyediakan alternatif lain, misalnya di aula El Tari.

Ia menambahkan, pada 3 September itu, selain pelantikan juga akan ada rapat paripurna agendanya penutupan masa sidang anggota DPRD 2014-2019 pada tahun 2019. Kemudian dilanjutkan pembukaan masa sidang 3 DPRD NTT tahun 2019 yang merupakan masa sidang pertama DPRD periode 2019-2024 dibuka ketua baru sementara terkait pimpinan sementara dirinya, dia menjelaskan akan dipegang untuk partai pemegang kursi pertama (PDIP) kemudian pemegang kursi kedua (Golkar). Penentuan kursi pimpinan berdasarkan jumlah kursi tidak berdasarkan jumlah suara. (mg-18/R-4)