SMKN 3 Kupang Bagi Hasil UNBK dan Buka Puasa Bersama

berbagi di:
Kepala SMK Negeri 3 Kupang, Jeni JP Bhasarie memberikan arahan sebelum pembagian hasil UNBK. Foto: Ayub Ndun/VN

Kepala SMK Negeri 3 Kupang, Jeni JP Bhasarie memberikan arahan sebelum pembagian hasil UNBK. Foto: Ayub Ndun/VN

 

 

 

Ayub Ndun

Suasana penyerahan hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur tampak berbeda tahun ini. Di SMK Negeri 3 Kupang, para guru, peserta UNBK dan orangtua mengenakan pakaian adat.

Tak ada aksi corat-coret seragam sekolah. Acara penyerahan hasil UNBK diawali tarian yang mengiring para pelajar peserta UNBK masuk ke lokasi acara di halaman sekolah. Penyerahan hasil UNBK dirangkai dengan buka puasa bersama.

Pantauan VN, Senin (13/5), para siswa mengenakan semi jas dan para siswi mengenakan kebaya dan sarung adat dari berbagai etnik. Demikian juga para orangtua.

Mewakili para lulusan, Gabriel, siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mereka sejak mengeyam pendidikan di sekolah tersebut.

“Kami tidak dapat membalas kebaikan dari Bapak/Ibu guru yang sudah berusaha mendidik kami. Kami juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama di sekolah ini kami melakukan hal-hal yang tidak patut,” kata dia.

 

img-20190513-wa0014Kepala SMK Negeri 3 Kupang, Jeni JP Bhasarie mengatakan paduan acara penyerahan hasil UNBK dan puasa bersama baru pertama kali dilakukan.

Menurutnya, hal ini merupakan bentuk toleransi yang hasus terus dilestarikan.

SMKN 3 Kupang meraih 99,06 kelulusan karena ada tiga peserta yang tidak ikut mengikuti UNBK.

“Semua peserta 321 orang, tidak ikut ujian 3 orang dan yang ikut semua lolos sehingga hanya 99,06 persen lulus,” ucapnya.

img-20190513-wa0010

Ia menambahkan ada 10 lulusan terbaik tahun ini yakni Gatry Reskya Klau dari Jurusan Akomodasi Perhotelan dengan nilai 286. Selanjutnya Natalia Crismas dari jurusan yang sama dengan nilai 274,5, Reinaldi Nale dari Jurusan Teknik Komputer dengan nilai 273, Anjelina Susana dari Jurusan Tata Boga dengan nilai 254,5, Rifan Pratama Chandra dari Jurusan Tata Boga dengan nilai 253, Febri Maleifani dari Jurusan Tata Busana dengan nilai 249, Fransiska Nensi dari Jurusan Akomodasi Perhotelan dengan nilai 247,5, Tri Aprilia Wasia dari Jurusan Tata Boga dengan nilai 246, Refita dari Jurusan Akomodasi Perhotelan dengan nilai 245,5, dan Foni Ndaumanu dari Tata Busana dengan nilai 240. (mg-18/R-4)