Songsong Pilkada Serentak, Tiga Paket Calon Bupati TTU Nyatakan Komitmen Jaga Kamtibmas

berbagi di:
img-20201127-wa0013

Tiga paket calon Bupati dan Wakil Bupati TTU, pose bersama anggota KPU dan Bawaslu usai menggelar debat publik, belum lama ini.

 

 

 

Gusty Amsikan

 

 
Kepolisian Resor Timor Tengah Utara, mengimbau kepada para pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati TTU  serta para tim sukses agar turut serta menjaga keamanan dan ketertiban dalam menyongsong pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. Masa tenang yang dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari sebelum hari pencoblosan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk beristirahat dan menjaga kesehatan sehingga nantinya bisa menyalurkan hak suara dengan baik. Sementara itu para Calon Bupati TTU juga menyatakan sikap dan komitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada.

Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas ketika diwawancarai media ini, Jumat (27/11) mengatakan sesuai jadwal masa tenang akan berlangsung sejak Minggu (6/12) sampai dengan Selasa (8/12) mendatang. Untuk itu, para pasangan calon, tim sukses, dan para pendukung diharapkan tenang dan menjaga kesehatan agar bisa menyalurkan hak pilihnya pada Rabu (9/12) mendatang. Masyarakat harus benar-benar menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan pada saat menyalurkan hak pilihnya di TPS.

Terkait ketertiban dan keamanan selama proses Pilkada,  Nelson menjelaskan pihak KPUD TTU telah menjalankan simulasi pencoblosan. Untuk itu, masyarakat harus memahami simulasi sehingga nantinya dapat menyalurkan suaranya dengan tepat dan benar. Masyarakat juga diimbau datang ke TPS sesuai jadwal yang telah ditetapkan agar menghindari kerumunan yang berlebihan.

“Masa tenang ini jangan dimanfaatkan oleh oknum-oknum tim sukses tertentu untuk mencari suara. Hal itu jelas memunculkan potensi konflik. Mari isi masa tenang dengan beristirahat dan menjaga kesehatan. Semua pihak harus berupaya menjaga situasi Kamtibmas,”tegas Nelson.

Sementara itu, Calon Bupati TTU nomor urut 1, Kristiana Muki dalam imbauannya mengatakan momentum Pilkada TTU tahun 2020 lebih banyak didominasi oleh kampanye hitam dan berita-berita hoax yang disebarkan pasangan calon dan tim suksesnya pada saat kampanye maupun melalui media sosial. Untuk itu, masyarakat diharapkan tidak menanggapi kampanye hitam dan berita hoax yang disebarkan serta bergandengan tangan menjaga situasi Kamtibmas demi mewujudkan Pilkada damai.

Calon Bupati TTU nomor urut 2, Hendrikus Frengky Saunoah mengajak seluruh masyarakat menjaga situasi Kamtibmas selama pelaksanaan Pilkada. Para pasangan calon dan tim sukses serta penyelenggara Pilkada diminta menjaga proses penyelenggaraan Pilkada dan berjuang dengan cara-cara demokratis.

Hal senada juga disampaikan Calon Bupati TTU nomor urut 3, Djuandi David. Ia mengimbau seluruh masyarakat TTU untuk menjaga situasi Kamtibmas selama proses Pilkada berlangsung. Pihaknya juga mengajak seluruh pasangan calon dan tim sukses masing-masing untuk menjaga proses penyelengaraan Pilkada agar berjalan dengan bebas, rahasia, jujur, dan adil. Semua pihak diminta menghindari cara-cara yang berpotensi mengganggu situasi Kamtibmas. (Yan/ol)