Sumba Timur Tetapkan Status KLB DBD

berbagi di:
Bupati Sumba Timur, Gideon Mbilijora

Bupati Sumba Timur, Gideon Mbilijora

 

 

Frangky Johannis

Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD) karena kasus DBD di Kecamatan Kota Waingapu dan Kecamatan Kambera, serta sejumlah wilayah kecamatan lainnya terus meningkat.

Kepada VN, Selasa (29/1), Gideon mengatakan Dinas Kesehatan dan instansi terkait akan melakukan fogging dan abatenisasi untuk menekan kasus DBD, serta mencari dan menemukan pasien-pasien yang mungkin belum terdeteksi untuk dirawat secara intensif.

“Kami mengimbau seluruh ASN dan komponen masyarakat membantu jajaran Dinas Kesehatan memutus penularan DBD dan menemukan para pasien yang mungkin terserang DBD, namun belum terdeteksi oleh petugas Puskesmas, Pustu, maupun rumah sakit. Sehingga tidak ada pasien yang menjadi korban,” katanya.

Pemkab menyiapkan anggaran pengobatan para pasien selama tenggang waktu penetapan KLB DBD ini. Dana dari Pos Tak Terduga (tanggap darurat) APBD Tahun Anggaran 2019, yang nantinya akan disampaikan kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sumba Timur untuk diakomodir pada Perubahan APBD mendatang.

“Kami akan sampaikan ke pimpinan dan anggota DPRD terkait penggunaan pos tanggap darurat APBD untuk mengataksi KLB DBD saat ini.
Kami yakin DPRD juga mendukung pemerintah menanggulangi kasus DBD yang kini meningkat,” pungkasnya. (bev/ol)