Supir Bus dan Travel Bandel, Mangkal Lagi di Terminal Bayangan Oesapa

berbagi di:
img-20210126-wa0004

Aktivitas bongkar muat di salah satu bus. Foto: Putral/VN

 

 

 

Putra Bali Mula

Hujan deras selama dua hari terakhir yang mengguyur Kota Kupang tak menyurutkan niat para sopir bus dan travel untuk kembali mangkal di terminal bayangan Oesapa.

Supir bus dan travel yang membandel ini nekad mangkal kembali di sepanjang Jalan Timor Raya, Oesapa, Kota Kupang setelah sebelumnya ditertibkan berkali-kali oleh petugas gabungan dari instansi Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTT, Dishub Kota Kupang, dan aparat keamanan.

Pantauan VN Selasa (26/1) di sepanjang Jalan tersebut tampak bus-bus berbagai jurusan dan mobil travel luar berplat hitam parkir di bahu jalan. Puluhan mobil travel juga menawarkan jasa kepada masyarakat saat itu di area jalan.

Beberapa bus juga tampak mengangkut barang-barang berukuran besar seperti kasur tidur dari sisi jalan. Meskipun tidak membuat kemacetan karena jalanan tidak begitu ramai saat hujan saat itu tapi beberapa pengendara lainnya tampak lebih waspada.

img-20210126-wa0002

Terminal bayangan Oesapa telah beberapa kali ditertibkan, pemerintah juga telah mengeluarkan larangan untuk mengangkut penumpang, selain itu pemerintah memasang denda, namun sopir bus dan travel tetap saja membandel dan mengambil penumpang di ruas jalan tersebut.

Sebelumnya Gusti Sigasare selaku Kepala UPTD Pengelola Prasarana Perhubungan Wilayah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Rote Ndao, Sabu Raijua dan Alor menyebut aturan ini untuk mengoptimalkan terminal yang ada.

“Mereka hanya dari terminal ke terminal. Apabila kedapatan berkeliaran di Kota kita akan kenakan denda sesuai dengan Perda sebesar Rp100.000,” kata dia. (bev/ol)