Surat Suara Tambahan Belum Tiba di Sumba Timur

berbagi di:
foto-hal-01-cover-distribusi-surat-suara

Kapolres Sumba Timur AKBP Victor MT Silalahi didampingi Ketua KPU Sumba Timur Oktavianus Landi memantau pelaksanaan distribusi logistik pemilu yang akan diberangkatkan ke tujuh kecamatan terjauh di wilayah selatan Sumba Timur, di Gedung MPL, Kelurahan Prailiu, Sabtu (13/4). Foto: Frangky Johannis/VN

 

 
Frangky Johannis

Hingga H-3, KPU Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur masih memiliki kekurangan sebanyak 23.757 surat suara, yang rusak dan belum dikirim dari KPU Pusat.

Ketua KPU Sumba Timur Oktavianus Landi, kemarin, mengatakan, sesuai informasi yang diperoleh dari KPU Provinsi NTT, KPU RI akan mengirim surat suara yang kurang itu paling lambat Senin (15/4).

“Informasi yang kami dapat dari KPU Provinsi, hari ini atau besok mereka dari KPU Pusat kirim. Kita berharap surat suara yang kurang itu tiba lebih cepat, jangan sampai tiba di sini H-1, dan kita kepayahan mengaturnya,” kata dia.

Ia menjelaskan, dalam penyortiran surat suara yang lalu, ditemukan ada yang rusak dan juga ada yang masih kurang dikirim, jadi harus dipenuhi kekurangan 23.757 surat suara.

“Kekurangan surat suara tersebut akan dialokasikan bagi pemilih di dalam kota, yakni Kota Waingapu dan Kambera. Sehingga, jika tiba nantinya akan dilakukan sortir dan langsung didistribusikan ke dua kecamatan tersebut,” katanya.

Namun demikian, kata Oktavianus, pihaknya telah melakukan pendropingan logistik sejak Sabtu (13/4) ke tujuh kecamatan terjauh di wilayah selatan Sumba Timur, yakni Kecamatan Tabundung, Matawai La Pawu, Paberiwai, Karera, Ngadu Ngala, Mahu, dan Pinu Pahar.

Sementara untuk distribusi hari kedua, Minggu (14/4) dilakukan untuk wilayah Timur yakni Kecamatan Kambata Mapambuhang, Kangahu Eti, Umalulu, Wula Waijelu, Pahunga Lodu, dan Rindi. Sedangkan distribusi hari Senin (15/4) besok, akan dilaksanakan untuk Kecamatan Lewa, Lewa Tidahu, Katala Hamu Lingu, Nggoa, Haharu, Kanatang, dan Pandawai. Hari terakhir distribusi akan dilaksanakan Selasa (16/4) atau H-1 untuk Kota Waingapu dan Kambera masih menunggu pendistribusian kekurangan 23.757 surat suara tiba di Waingapu.

Ketua KPU NTT Thomas Dohu mengatakan, surat suara tahap pertama dikirim pada Sabtu (13/4). “Sedangkan tahap kedua dikirim hari ini,” ujar Thomas kepada wartawan, Minggu (14/4) pagi.

Untuk pengiriman pertama, lanjut dia, dilaksanakan dari Balebat 3 Pulogadung, Jakarta pada pukul 13.30 WIB. Logistik yang dikirim itu, yakni surat suara untuk caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) NTT 1, surat suara untuk caleg DPR RI Dapil NTT 2 dan PPWP.
Selanjutnya pengiriman tahap kedua dari Belebat 2 Sentul yang rencananya dilakukan sore kemarin. Pengiriman logistik tahap kedua, kata Thomas, adalah surat suara untuk DPRD provinsi, DPD dan DPRD kabupaten dan kota.

“Kita berharap, semua logistik bisa segera sampai ke tujuan supaya bisa didistribusikan dengan baik,” tutupnya. (kcm/enq/mg-02/R-4)