Tahun Ajaran Baru, Siswa SD dan SMP se-Kota Kupang Tetap Belajar Online

berbagi di:
img_20200706_224541

 

 

 

 

Sinta Tapobali

Proses belajar mengajar tahun ajaran 2020-2021 akan mulai dilangsungkan pertengahan Juli ini. Namun, proses pelaksanaan belajar mengajar, baik tingkat SD dan SMP di Kota Kupang tetap akan dilaksanakan secara online.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Dumul Djami kepada VN pada Senin (6/7) malam.

Menurut Dumul, keputusan ini mengacu pada imbauan mnteri dalam negeri, menteri kesehatan, menteri pendidikan dan menteri agama dimana kegiatan tatap muka hanya bisa dilakukan di daerah yang zona hijau.

“Akan tetap dilakukan dari rumah atau online. Karena¬† Kota Kupang zona merah dan berdasarkan keputusan menteri dalam negeri, menteri kesehatan, menteri pendidikan dan menteri agama dimana kegiatan tatap muka hanya bisa dilakukan di daerah yang zona hijau,” jelasnya.

Selanjutnya selain proses belajar mengajar, masa pengenalan lingkungan sekolah di Kota Kupang juga akan dilakukan melalui daring atau online

Bagi siswa yang tidak memiliki kemampuan dan fasilitas maka guru yang akan mendatangi siswa.

“MPLS itu penting bagi siswa untuk mengetahui lingkungan sekolah. Tetapi karena dalam masa pandemi sekarang ini maka MPLS dilakukan secara daring atau online. Siswa harus tahu mengenai lingkungan sekolah, siapa saja guru-guru di sekolah tersebut,” ujarnya

Guru wajib mendatangi siswa yang tidak memiliki fasilas karena siswa harus mengenal lingkungan sekolahnya.

Ia mengatakan untuk siswa SD baik negeri maupun Inpres dan juga siswa SMP, tidak ada pungutan biaya sekolah baik biaya masuk sekolah maupun SPP perbulannya. Semua biaya tersebut sudah dicover oleh dana BOS sehingga biaya pendidikan akan diberikan secara gratis.

Namun, khusus bagi sekolah-sekolah swasta, biaya sekolah ditentukan berdasarkan kewenangan masing-masing sekolah. Karena semua sekolah swasta, membayar guru dan pegawainya dari SPP para siswa begitu pula untuk ketentuan biaya SPP, masing-masing sekolah bervariasi. (bev/ol)