Tanam Demplot Jagung, Kodim 1618/TTU Libatkan Masyarakat Atmen

berbagi di:
img-20190809-wa0035

 

 

Gusty Amsikan

Kodim 1618/TTU menggelar kegiatan penanaman demplot jagung di Desa Atmen, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten TTU, Nusa Tenggara Timur. Kodim 168 juga melibatkan masyarakat sekitar dalam rangka lomba antar Kodim se-jajaran Kodam IX/Udayana tahun 2019. Penanaman demplot jagung yang melibatkan masyarakat setempat itu juga bertujuan memberikan contoh sistem bercocok tanam modern yang nantinya dapat ditiru masyarakat dan kedepannya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penanaman demplot jagung dilakukan di atas lahan milik warga setempat yang dipinjam olah oleh Kodim 1618/TTU. Penanaman tersebut melibatkan siswa-siswi SMA Negeri Insana dan masyarakat setempat.

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi kepada VN, Senin (12/8) mengatakan pada Rabu (7/8) penanaman demplot dilakukan di atas lahan seluas 0,75 hektareĀ  menggunakan variates atau benih Bizi (P21) dan jenis Pupuk Bio-Trent. Langkah-langkah yang dilakukan sebelum penanaman itu di antaranya tahapan persiapan, pengolahan, penyemprotan, pembedengan, penanaman dan pemeliharaan. Masing-masing Kodim menyiapkan satu perkebunan percontohan yang nantinya dapat berguna untuk masyarakat sekitar.

Salah seorang warga Desa Atmen, Petrus mengaku sangat senang dengan adanya terobosan yang dilakukan Kodim 1618/TTU. Warga diajak terlibat aktif mulai dari tahapan persiapan, pengolahan, penyemprotan, pembedengan, penanaman dan pemeliharaan. Keterlibatan warga secara langsung itu jelas memberikan kesempatan kepada warga yang seluruhnya adalah petani untuk belajar cara bercocok tanam modern.

Menurut Petrus, ilmu bercocok tanam yang ia peroleh dalam kegiatan tersebut nantinya akan ia terapkan di lahannya. Ia berharap, dengan sistem cocok tanam modern, hasil panen yang ia peroleh dapat semakin meningkat. Selama ini, ia dan petani lainnya bercocok tanam dengan sistem tradisional dan hasilnya pun kurang menggembirakan. Sistem pertanian modern diharapkan dapat meningkatkan hasil panen dan meningkatkan ekonomi masyarakat.(bev/ol)