Tanpa Cek Suhu Badan, Pantai Lasiana Ramai Dikunjungi Warga

berbagi di:
img-20210104-wa0018

 

Suasana di Pantai Lasiana.

 

 

 
Putra Bali Mula

 

 

PANTAI Lasiana Kupang ramai dikunjungi oleh masyarakat selama liburan akhir tahun. Wisatawan yang didominasi wisatawan lokal masuk ke area wisata tanpa diperiksa suhu badan.

Pantauan VN pada Minggu (3/1) wisatawan yang memadati area rekreasi ini terdiri dari anak-anak dan orang dewasa. Para pengunjung yang tiba hanya diambil tarif tiket tanpa diperiksa suhu badan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Area parkiran di lokasi wisata favorit di Kota Kupang ini sendiri tampak padat oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Sementara tidak ada petugas lainnya yang memantau pengunjung untuk mencuci tangan begitu tiba di lokasi tersebut.

img-20210104-wa0019

“Tidak ada tes-tes cuma bayar karcis,” ujar Riska, salah satu pengunjung yang dikonfirmasi VN di area parkiran tersebut.

Para pengunjung yang tiba baik anak-anak maupun orang dewasa beramai-ramai menikmati fasilitas yang ada seperti sarana bermain maupun lopo- lopo yang disediakan.

Tidak sedikit pengunjung yang naik ke tanggul pemecah ombak untuk mengabadikan gambar maupun berenang di pantai tersebut.

Salah satu pedagang yang enggan menyebutkan namanya kepada VN mengatakan kondisi ini sering terjadi di mana pengunjung akan berbondong-bondong datang untuk liburan. Menurutnya, pada Sabtu dan Minggu itu adalah kunjungan tertinggi di Pantai Lasiana dibandingkan dengan hari liburan lainnya di tengah pandemi akhir-akhir ini.

Sementara di area masuk lapak-lapak pedagang sendiri pun masih banyak yang belum mewajibkan pengunjung untuk melakukan tes suhu atau mencuci tangan.

Untuk diketahui, kondisi tersebut tidak sesuai Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam keputusan itu disebutkan pengelola maupun pelaku usaha di obyek perlu melakukan pemeriksaan suhu tubuh. Jika ditemukan pekerja atau pengunjung dengan suhu lebih dari 37,3 derajat Celcius, dengan 2 kali pemeriksaan dalam jarak 5 menit, tidak diperkenankan masuk.

Selain itu, petugas pemeriksa suhu menggunakan masker dan pelindung wajah (faceshield). Pelaksanaan pemeriksaan suhu agar didampingi oleh petugas keamanan. (Yan/ol)