Tidak Umumkan Nama Penerima BLT-DD, Bupati Belu Tegur Kades Tasain

berbagi di:
img-20200520-wa0042

Foto: Muti/VN

 

 

 

Mutiara Malahere

Bupati Belu Willybrodus Lay memberikan teguran keras pada Kepala Desa Tasain Amandus Koamesak yang tidak menempelkan daftar nama penerima Bantuan Langsung Tunai Dama Desa (BLT-DD) di papan informasi kantor Desa Tasain, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Rabu (20/5).

Pantauan VN, saat tiba di Kantor Desa Tasain, Bupati Lay langsung melihat daftar nama penerima bantuan yang ditempel pada jendela kantor desa, namun yang tertera hanya daftar Penerima PKH sedangkan daftar penerima BLT-DD belum ditempelkan.
Beberapa saat kemudian setelah acara penyerahan BLT-DD barulah aparat desa menempelkan daftar nama penerima pada kaca jendela kantor desa sehingga masyarakat pun langsung memadatinya dan melihat daftar nama tersebut.

Bupati Lay menanyakan alasan kades dan aparat belum menempelkan nama penerima yang seharusnya telah ditempelkan sehingga masyarakat dapat mengawasi dan komplain jika ada pendobelan nama penerima atau dalam satu ada lebih dari satu penerima dalam KK.

“Seharusnya sebelum pembagian BLT-DD, BST, dan PKH, semua kades dan perangkat desa terlebih dahulu menempelkan daftar nama penerima pada papan informasi kantor desa agar masyarakat dapat melihat kembali dan komplain jika ada pendobelan nama penerima,” tegas Bupati Lay.

Selain memberi teguran kepada Kades Tasain, Bupati Lay juga menegur Camat Raimanuk, Tasisius Edi yang tidak mengontrol semua pendataan bantuan sosial pemerintah kepada masyarakat di kecamatan tersebut.

“Seharusnya sebagai camat sebagai pimpinan wilayah wajib melakukan kontrol dan pengawasan terhadap semua masyarakat penerima bantuan agar tepat sasaran, serta camat juga wajib mengunjungi semua desa dalam wilayah kerjanya sehingga lebih dikenal oleh masyarakat,” tambah Bupati Lay.

Dalam kesempatan itu, Kades Tasain, Amandus Koamesak meminta maaf karena hingga hari pembagian belum penempelkan daftar nama penerima BLT-DD di papan informasi kantor desa karena masih melakukan verifikasi data sebab ada perbedaan data dari Dinas Sosial terkait jumlah penerima.

“Saya minta maaf karena belum menempelkan nama penerima BLT-DD karena sampai tadi malam kami masih verifikasi data penerima dari dinas sosial dan sudah selesai, sehingga pagi ini baru kami tempelkan nama penerimanya,” ungkap Amandus.

Terkait daftar penerima BLT-DD pada Desa Tasain, lanjut Amandus, berjumlah 135 KK namun data terbaru yang terakomodir bantuan Kemensos terdapat 27 KK sehingga jumlahnya tersisa 108 KK.

Terkait penerima bantuan BLT, Amandus menambahkan pihaknya menentukan penerima bantuan sesuai kriteria yang telah ditetapan, sedangkan warga yang berstatus sebagai ASN, Tenaga Kontrak Pemda, TNI, Polri, Veteran, dan KK yang ekonomi sudah meningkat seperti pengusaha toko, kios plus memiliki mobil tidak menerima bantuan.

Penyerahan BLT-DD dilakukan secara simbolis oleh Bupati Lay kepada tiga orang KK penerima BLT-DD di kantor Desa Tasain dengan menyerahkan buku tabungan dan kartu ATM.

Hadir saat itu, Kepala BP4D Florianus Nahak, Kadis PMD Januaria Nona Alo, Kepala BRI Cabang Atambua Stefanus Juarto, Camat Raimanuk Tarsisius Edi, Kepala Desa Tasain Amandus Koamesak. (bev/ol)