Tingkatkan SDM Sektor Pariwisata, Pemkab Mabar Kerja Sama dengan STP Bandung

berbagi di:
img-20210326-wa0040

 

Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Faisal saat foto bersama Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi.

 

 
Gerasimos Satria

 

 

POTENSI pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan dan pengembangannya. Demi meningkatkan SDM masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

Sebagai bentuk keseriusan Pemkab Manggarai Barat dalam menyiapkan SDM masyarakat,MoU ditanda tangani Penjabat Sekda Manggarai Barat, Fransiskus Sodo dengan Ketua STP Bandung Faisal,Jumat (26/3) di Kantor Bupati Manggarai Barat.

Selain bekerja sama dengan STP Bandung,Pemkab Manggarai Barat juga berencana akan bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Peternakan salah satu Perguruan Tinggi di luar Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menciptakan SDM pemuda-pemudi di Kabupaten Manggarai Barat yang mampu bersaing di berbagai sektor.

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi menyampaikan Labuan Bajo sudah ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai destinasi super prioritas, sehingga membutuhkan masyarakat Manggarai Barat yang memiliki SDM yang kuat untuk mengembangkan sektor pariwisata di Manggarai Barat.Dirinya menginginkan SDM masyarakat Manggarai Barat harus mampu bersaing dengan masyarakat luar NTT untuk mengelolah dan mengembangkan sektor pariwisata.
Kerja sama dengan perguruan tinggi dipandang penting untuk menyiapkan masyarakat Manggarai Barat yang mampu mengelolah potensi yang ada di Manggarai Barat. Selama ini masyarakat Manggarai Barat terkesan menjadi penonton di tengah potensi pariwisata yang dimiliki.Melalui kerja sama dengan STP Bandung,dirinya meyakini anak muda Manggarai Barat mampu mengelolah sektor pariwisata.

“Labuan Bajo yang ditetapkan sebagai destinasi super prioritas harus diikuti oleh SDM masyarakat yang mampu mengelolah potensi yang ada di Manggarai Barat,”kata Edi Endi.

Kerja sama dengan STP bandung diharapkan adanya keseimbangan antara Sumber Daya Alam (SDA) dan SDM masyarakat lokal.Dirinya berkeinginan agar, sektor pariwisata berbanding lurus dengan kualitas SDM.

“Semoga MoU ini dapat meningkatkan kompotensi dan membentuk karakter SDM budaya masyarakat Manggarai Barat yang ramah.Serta masyarakat tidak menjadi penonton,”harap Edi Endi.

Ketua STP Bandung, Faisal mengatakan program itu dilaksanakan sebagai bentuk komitmen STP Bandung untuk mendukung program pemerintah di bidang pariwisata.

“Pengembangan SDM sebagai strategi paling fundamental di bidang industri pariwisata, karena SDM yang unggul akan bisa menggerakkan semua potensi yang ada,” kata Faisal. (Yan/ol)