TNI Cek Patok Batas RI-RDTL

berbagi di:
img-20200705-wa0011

 

 

 

 

Gusty Amsikan

Prajurit Kodim 1618/TTU untuk kesekian kalinya melaksanakan pengecekan permasalahan patok batas 63 yang terletak di wilayah perbatasan antara RI-RDTL Desa Nilulat, Kecamatan Bikomi Nilulat, Kabupaten TTU, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan tersebut sebagai perwujudan atas tugas TNI dalam menunaikan tugas pengamanan perbatasan.

Informasi yang dihimpun VN, Sabtu (4/6), melalui Dandim 1618/TTU, Roni Junaidi, mengatakan kegiatan pengecekan patok batas 63 yang berlokasi di Nilulat perbatasan RI-RDTL, dilaksanakan dalam rangka pengamanan perbatasan serta memastikan patok batas sebagai wilayah kedaulatan NKRI.

Menurut Junaidi, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh dua anggota Kodim 1618/TTU yakni Danramil 1628-01/Miotim Mayor Inf. Ahmad Hartono dan Babinsa Sertu Lambert Dc bersama pemerintah serta anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/BS, pada Selasa (30/6), lalu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Bikomi Nilulat, Marsel K. Sara, Kepala BPPD Kabupaten TTU, Erni Ukat, Pasintel Yonif 132 B Kapten Inf. Sultan Syahril, Dantim Noelbesi Serma Joko Witoyo, Dan Pos Nilulat Sertu Priwanda Ginting, Kades Nilulat Primus Nyoman Jena, Tokoh Adat Benediktus Fallo serta sejumlah warga lainnya.

“Pelaksanaan dan pengecekan patok batas 63 sering dilaksanakan dan kegiatan ini sesuai dengan tugas pokok dari Satgas Pamtas. Dan tujuan kita lakukan pengecekan ini, adalah untuk menjaga dan mengecek dan memastikan patok batas negara antara RI-RDTL,” ujarnya.

Lanjut Junaidi, sesuai dengan tugas pokok dari Satgas Tugas Pengamanan Perbatasan adalah menjaga dan mengecek patok-patok batas negara. Selain melakukan pengecekan, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat perbatasan untuk tidak melaksanakan aktivitas di wilayah sengketa baik unresolved dan unsurveyed. (bev/ol)