Transmisi Lokal di Kota Kupang Terus ‘Melaju’

berbagi di:
jubir-gugus-tugas-kota-kupang-ernest-ludji

Ernest Ludji
Jubir Satgas Covid-19 Kota Kupang

Mickael Umbu

KASUS positif Covid-19 akibat transmisi lokal terus bertambah di Kota Kupang. Data yang diumumkan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kupang, kemarin, terjadi penambahan 8 kasus baru, semuanya akibat transmisi lokal.

Dengan penambahan 8 kasus baru itu, maka di Kota Kupang sudah 258 orang yang terpapar virus berbahaya ini. Dari jumlah yang terpapar ini, sudah 10 orang meninggal dunia.
“Hari ini (Jumat 13/11) tercatat delapan kasus baru positif Covid-19,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Kupang, Ernest Ludji, tadi malam.

Dia merincikan, 8 kasus baru itu laki-laki 5 orang dan 3 orang perempuan. Mereka tersebar di tujuh kelurahan di Kota Kupang.

“Para pasien ini rata-rata berusia 50-an tahun ke bawah yakni 36, 27, 31, 48, 15, 44, 30 dan 26 tahun. Mereka tersebar di Bello, Manutapen, Sikumana, Oebobo, Nunbaun Delha, Penfui dan Liliba. Mereka yang terkonfirmasi positif adalah orang-orang aktif,” jelasnya.

Sejak 1-12 November sudah 814 sampel swab yang diantar ke Laboratorium RSUD WZ Johannes untuk diuji. Selain itu, ada 62 sampel swab yang dikirim ke Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarkat Undana Kupang.
“Untuk 62 sampel yang dikirim pada har
i kedua kami sudah mendapatkan hasilnya, yakni negatif. Kami masih menunggu hasil dari 280 sampel di Lab RSUD Johannes,” ucapnya.

Dia menambahkan, pengembangan kasus kematian pasien Covid-19 asal Sumba sudah diperoleh data kontak erat. Ada satu orang kontak erat sekantor yang kemarin terkonfirmasi positif.
Sedangkan kontak erat serumah ada tiga orang teman korban lainnya menurut rencana akan diambil sampel swabnya hari ini.

Dia kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu memerhatikan protokol kesehatan. Peningkatan kasus akibat transmisi lokal akhir-akhir ini terus meningkat. Butuh disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Butuh kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi semua elemen masyarakat dalam memutus mata rantai Covid-19. Mari sama-sama kurangi perjalanan atau aktivitas di luar rumah dan kontak langsung dengan orang lain,” Kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT Messe Ataupah, tadi malam, mengabarkan bahwa dari pemeriksaan sampel swab ditemukan 7 kasus baru positif.

“Kasus baru ini tersebar di tiga wilayah yakni di Kota Kupang, Manggarai dan Lembata. Masing-masing 4 orang di Kota Kupang, 1 orang di Manggarai Barat berusia 57 tahun dan 2 orang berusia 61 tahun di Lembata,” Urainya.

Dengan demikian secara eskalasi perkembangan wabah covid-19 di NTT hingga kemarin, total 830 Orang positif. Dari jumlah itu, 595 Orang sembuh, 14 Orang meninggal dan masih 221 Orang sementata menjalani perawatan dan karantina.

Baru 64 Sampel

Koordinator FAN Dominggus Elcid Li mengatakan Labkes Bio Undana telah memeriksa 64 sampel swab dari hasil pool test. “Ada 64 sampel yang sudah kami periksa sejauh ini dan hasilnya semua negatif,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut dia, Labkes Bio Undana terus bekerja untuk memeriksa sampel swab. Rencananya akan dijadwalkan lagi untuk pemeriksaan swab massal namun kegiatan tersebut masih dibahas bersama Dinkes Provinsi dan Kota Kupang.

“Mereka saat ini sedang membahas kapan akan dijadwalkan pemeriksaan massal tersebut. Untuk itu kami di Labkes Bio Undana masih menunggu,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang Retnowati melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Penularan Penyakit Menular Sry Wahyuningsih menjelaskan, pihaknya masih mendata daerah yang mengalami peningkatan tertinggi penularan Covid-19 untuk dilakukan test swab massal.

“Benar, kita sudah membahas kegiatan tersebut dan untuk mau memulainya kita masih melakukan pendataan dulu. Kita data wilayah mana saja dengan peningkatan penyebaran kasus tertinggi di Kota Kupang,” Ungkapnya. (C-1/yan/ol)

Perkembangan Covid-19 di Kota Kupang
(Hingga Jumat 13 November 2020)

———————————–

Positif : 258 orang
Sembuh : 119 orang
Dirawat : 129 orang
Meninggal : 10 orang

———-
Data Kasus Terbaru per Jumat (13/11):

Positif : 8 Orang (laki-laki 5 orang dan Perempuan Tiga Orang)

Tersebar di:
Kelurahan Belo : 1 Orang (36 tahun)
Kelurahan Manutapen : 1 Orang (27 tahun)
Kelurahan Sikumana : 1 Orang (31 tahun)
Kelurahan Oebobo : 2 Orang (48 dan 15 tahun)
Kelurahan Nunbaun Dhela : 1 Orang (44 tahun)
Kelurahan Penfui : 1 Orang (30 tahun)
Kelurahan Liliba : 1 Orang (26 tahun)

——–

catatan:

1. Dari delapan orang tersebut 100 persen kasus konfirmasi positif adalah orang-orang yang aktif.

2. Satu Orang Dokter Positif

3. Sejak Tanggal 1 Novenber ada 814 sampel yang dikirim ke laboratorium RS WZ Johannes Kupang dan 62 sampel dikirim ke laboratorium Undana.

4. Sampel yang saat ini mesih menunggu hasil sebanyak 280 sampel

5. Perkembangan kasus kematian yang dari Sumba sudah didapatkan data kontak erat. Satu teman kantor yang terkonfirmasi positif, kemarin. Kontak erat serumah sebanyak tiga orang dan teman sebanyak tiga orang. rencananya hari ini di-swab.