TTIC Dinas PKP NTT Sediakan Sembako Murah

berbagi di:
img-20201006-wa0038

 

Petugas TTIC dinas PKP NTT, Dinda Oematan (baju abu-abu) saat melayani salah satu pembeli.

 

 

 

Kekson Salukh

 

TOKO tani Indonesia center (TTIC)  milik dinas pertanian dan ketahanan pangan (PKP) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyediakan sembako dengan harga yang relatif murah.

Kasi Distribusi dan Ketersediaan Pangan Dinas PKP NTT, Marselinus Ndarung yang dihubungi VN melalui stafnya Diah Iswandari, Selasa, (6/10) siang menjelaskan, TTIC merupakan sarana atau wadah bagi gabungan kelompok tani/supplier/produsen pangan dan pertanian untuk memasarkan komoditas pangan strategis hasil produksi pertanian dengan harga yang murah.

Lanjut Diah, hasil produksi pertanian yang dipasarkan TTIC khususnya beras, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula pasir, telur ayam ras, daging ayam, dan daging sapi serta olahan hasil dari tanaman pangan yang diproduksi langsung dari petani, kelompok wanita tani (KWT), serta usaha kecil rumah tangga.

“Tujuan kehadiran TTIC adalah untuk memudahkan akses pangan masyarakat, dimana Dinas PKP menjadi penyalur komoditas dari produsen ke pembeli dengan harga produsen tanpa mengambil keuntungan sedikitpun. ” ungkapnya.
Keberadaan TTIC, ungkap Diah, diharapkan mampu memangkas rantai distribusi komoditas pangan dengan memasarkan komoditas pangan langsung melalui TTIC sehingga harga dapat selalu dikendalikan lebih rendah dari pada harga pasar pada umumnya.

“Toko Tani Indonesia Center ini  dibuat salah satunya untuk stabilisasi harga pangan. Bahan kita beli dari petani atau distributor atau UMKM yang murah kemudian kita jual kepada masyarakat umum dengan harga yang murah juga tanpa mengambil keuntungan hanya untuk memotong mata rantai harga agar sampai di konsumen tanpa memberatkan.” jelasnya.

Ia menambahkan, TTIC dinas PKP NTT sudah beroperasi sejak tahun 2019  hingga saat ini sangat membantu masyarakat lantaran harga pangan  yang dipasarkan sangat murah.

Ia mengimbau masyarakat kota Kupang dan sekitarnya untuk menjadikan TTIC dinas PKP NTT sebagai tempat belanja kebutuhan pangan yang murah, berkualitas dan sehat.

“Jangan jauh-jauh cari, TTIC dinas PKP NTT  sudah siap sembako murah. Buka setiap Senin sampai Sabtu, dari jam 08.00 Wita hingga 17.00 Wita di jalan Polisi Militer nomor 07/kecamatan Oebobo, kota Kupang.” jelasnya.
Petugas TTIC Dinas PKP NTT, Dinda Oematan menjelaskan harga pangan di TTIC dinas PKP NTT murah dan ramai dikunjungi konsumen setiap hari.

Ia merincikan harga minyak goreng Rp.13.000/liter, Gula Pasir Rp 13.000/kilogram, Bawang Merah Rp.15.000/kilogram, bawang putih Rp 22.500/kilogram,  dan keripik pisang Rp 10.000/bungkus.

Sedangkan gula semut, gula lempeng, dan kopi Bajawa, jelas Dinda, dipasang tarif Rp 5.000/bungkus, beras Rp 11.500/kilogram, telur ayam Rp 51.000/papan, daging sapi Rp 87.000/kilogram, tulang sapi Rp 35.000/kilogram, jagung mentari Rp 15.000/bungkus, dan daging ayam Rp 67.000/kilogram.

“Paling laris di sini beras, minyak goreng, gula pasir, telur, bawang merah dan bawang putih. Tetapi paling banyak orang beli beras karena  biasa orang beli 1 karung.” tandasnya. (Yan/ol)