Undana Buka Tiga Jalur Masuk bagi Mahasiswa Baru

berbagi di:
img-20210306-wa0045

 

 

 

Sinta Tapobali

 

 
TAHUN Ajaran 2021 ini, Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru secara online. Penerimaan mahasiswa baru di Undana melalui jalur SBMPTN, SNMPTN dan jalur Mandiri.

Hal ini di utarakan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Undana Kupang, Dr. Sipri Suban Garak, ketika dikonfirmasi VN Sabtu, (6/3) siang.

Dijelaskannya bahwa Jalur SNMPTN merupakan jalur masuk Perguruan Tinggi yang dilakukan tanpa tes, namun seleksinya didasarkan pada nilai rapor dan portofolio akademik.

Sedangkan bagi mahasiswa yang tidak sempat mengikuti jalur masuk melalui jalur SNMPTN maka dapat mengikuti jalur SBMPTN.

Jalur SBMTN sendiri merupakan jalur yang seleksinya didasarkan pada hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sehingga bagi siswa yang ingin masuk melalui jalur ini diharapkan mengikuti ujian tertulis dan mematuhi segala prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Namun menurutnya, jika dengan dua jalur seleksi sebelumnya yakni SNMPTN dan SBMPTN, kuota mahasiswa yang dibutuhkan belum terpenuhi, maka pihak Universitas akan membuka lagi jalur penerimaan secara Mandiri.

Jalur mandiri sendiri merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diadakan secara lokal oleh panitia penyelenggara untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang gagal dalam tes sebelumnya, atau yang belum berkesempatan mengikuti tes dari kedua jalur sebelumnya.

Terkait dengan jumlah mahasiswa baru yang ditargetkan akan diterima di Universitas Nusa Cendana Kupang, Ia belum memastikan angka pastinya. Namun menurutnya, setiap tahun undana menerima mahasiswa baru dengan target 7 ribuan hingga 8 ribuan mahasiswa baru.

“Angka pastinya belum tau, tapi kalau tiap tahun 7 ribuan hingga 8 ribuan,” ujar Sipri menginformasikan.

Ketika ditanya terkait dengan jalur Bidikmisi, menurut Sipri setiap mahasiswa yang masuk melalui tiga jalur sebelumnya, dapat memperoleh Bidikmisi apabila si calon mahasiswa tersebut sebelumnya telah mendaftar dan dinyatakan lulus sebagai penerima beasiswa Bidikmisi.

“Bidikmisi tetap masuk melalui tiga jalur itu. Sekarang bukan bidikmisi lagi tapi sudah di ganti dengan KIP Kuliah,” ujarnya.

Untuk jadwal tes untuk SNMPTN dan SBMPTN sendiri akan dilaksanakan serempak secara Nasional. Untuk pendaftaran jalur SNMPTN telah dibuka sejak pertengahan Februari kemarin dan hasil tesnya akan diumumkan pada pertengahan Maret bulan ini.

Sedangkan untuk jalur SBMPTN untuk pendaftaran akan dilaksanakan pertengahan bulan Maret dan hasilnya akan diumumkan pada pertengahan Juni mendatang.

“Untuk tanggal pastinya saya tidak ketahui dengan jelas namun yang pasti pendaftarannya itu serempak secara nasional dan itu sudah dibuka,” tambahnya. (Yan/ol)