Undana Gelar Wisuda Online untuk 313 Lulusan

berbagi di:
img-20200630-wa0057

 

 

 

 

Sinta Tapobali

Pertama kali dalam sejarah Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, Nusa Tenggara Timur melaksanakan wisuda secara online dari rumah masing-masing wisudawan, Selasa (30/6).

Wisuda Undana periode ke-2 yang dilangsungkan secara online ini diikutiĀ  313 wisudawan baik untuk sarjana, master, doktor dan profesi.

Pantaun VN melalui aplikasi zoom, setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembacaan nama dan jumlah wisudawan dari masing-masing fakultas.

Usai pembacaan nama, rektor undana mempersilakan orang tua mahasiswa untuk memindahkan jambul toga anaknya dari rumah masing-masing dengan disaksikanĀ  rektor dan jajaran universitas.

Rektor Undana Prof Fredrik L. Benu mengatakan keberhasilan studi para wisudawan bukan hanya semata-mata kerja keras rektor beserta seluruh jajaran di lingkungan Undana, namun merupakan bagian dari pengorbanan dan kerja keras para orang tua dan wali.

Ia berharap prosesi wisuda secara daring yang digelar di tengah situasi pandemi Covid-19 ini tidak mengurangi makna sesungguhnya atas perayaan kelulusan para wisudawan dan orang tua.

Salah seorang wisudawati lulusan Ilmu Komunikasi Undana, Laura Tilman Bareto mengatakan pelaksanaan wisuda secara online tidak semeriah ketika dilaksanakan secara langsung di kampus.

Baginya, suasana perayaan akan terasa lebih semarak jika prosesi wisuda dilaksanakan di kampus. Namun, wisuda online memberi makna tersendiri baginya, dimana ketika ia didampingi oleh ibunya secara langsung ketika prosesi dilaksanakan lewat aplikasi Zoom.

Menurutnya, selama prosesi wisuda di tahun-tahun sebelumnya orang tua hadir bersama di dalam satu ruangan namun duduk dan menatap anaknya dari belakang. Tapi pada wisuda kali ini orang tua secara langsung mendampingi anaknya selama prosesi wisuda dan bahkan orang tua didelegasikan untuk memindahkan kuncir toga anaknya, sehingga hal ini memberikan makna luar biasa bagi Laura.

” Yang paling menyentuh hati adalah ketika lagu Doa Seorang Anak, saya menangis dan mama pun menangis dan ketika itu kita dua langsung berpelukan dan menangis bersama. Bagi saya itu satu momen yang luar biasa menyentuh,” ungkapnya.

Ia merasa bersyukur karena perjuangannya selama 12 semester membawakan hasil yang memuaskan, di mana ia berhasil lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,75.

Laura mengucapkan terima kasih kepada civitas Undana serta ibu tercinta atas dukungan yang selama ini ia peroleh.

“Untuk mama, Laura sayang mama. Laura akan berjuang terus untuk membuat mama bahagia. Terimakasih karena sudah kasih kuliah Laura dan dukung Laura sampai Laura bisa seperti sekarang ini. Tanpa Mama Laura tidak akan bisa seperti ini,” ungkapnya haru.

313 wisudawan ini berasal dari Ilmu peternakan (2), Ilmu Administrasi (3), Ilmu lingkungan (1), Ilmu hukum (9), Pendidikan Bahasa Inggris (1), Kesehatan masyarakat (2), Profesi dokter (21), Profesi dokter hewan (20), Pendidikan Matematika (12), Pendidikan Biologi (1), Pendidikan Kimia (13), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (4), Pendidikan sejarah (5), Pendidikan geografi (8), Pendidikan Teknik bangunan (3)? Pendidikan Jasmani, kesehatan dan rekreasi (3), Konseling (2), Pendidikan guru PAUD (5), Peternakan (9), Ilmu Administrasi negara (2), Ilmu Administrasi bisnis (1), Sosiologi (5), Ilmu politik (15), Ilmu komunikasi (2), Ilmu hukum (38), Agribisnis (6), Agroteknologi (8), Kehutanan (4), Kesehatan masyarakat (21), Psikologi (5), Teknik Sipil (1), Teknik elektro (1), Matematika (7), Biologi (5), Kimia (14), Ilmu komputer (4), Arsitektur (3), Teknik, Pertambangan (8), Pendidikan dokter (9), Kedokteran hewan (1), Manajemen sumber daya perairan (4), Akuntansi (9) dan Manajemen (11). (bev/ol)