Undana Perkenalkan Alat Daur Ulang Sampah jadi Paving Block

berbagi di:
foto-hal-12-daur-ulang-sampah-kab-kupang

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe bersama Rektor Undana, Prof. Fred Benu saat penyerahan alat manual daur ulang sampah plastik menjadi paving block di Kantor Camat Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Kamis (22/8). Foto; Alfret Otu/VN

 

 

Alfret Otu

Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur mempraktekan proses daur ulang sampah plastik menjadi paving block dan papan untuk kebutuhan taman di kantor Camat Kupang Timur, Kamis (22/8).

Rektor Undana, Profesor Fred Benu mengatakan Kabupaten Kupang menjadi daerah yang dipilih untuk pelaksanaan program pilot project daur ulang sampah plastik bekerjasama dengan Pemkab Kupang.

Ia mengatakan kehadiran universitas di daerah harus mampu mengaplikasikan ilmu dan teknologi agar bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mesti mampu menyelesaikan persoalan dimasyarakat dan salah satunya yaitu masalah sampah,” ujar Profesor Fred.

Selain memilki nilai ekonomiss, daur ulang sampah plastik menjadi paving block dan papan untuk taman, menjadi peluang usaha baru bagi masyrakat di Kabupaten Kupang, juga sebagai solusi memerangi sampah terutama sampah plastik.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe saat membuka pelatihan daur ulang sampah plastik menyampaikan apresiasi atas kepedulian Undana.

Ia mengatakan, sampah – sampah plastik yang terbuang, kotor dan menjadi persoalan selama ini, ternyata bisa didaur menjadi produk bernilai ekonomis.

Ia berharap Undana bisa terus berkembang dan mampu ikut berpartisipasi menyediakan solusi untuk menyelesaikan persoalan lain dengan ilmu dan teknologi yang dipelajari.

Kegiatan ini dihadiri pula tujuh camat di Kabupaten Kupang yakni Camat Kupang Timur, Camat Kupang Tengah, Camat Fatuleu, Camat Takari, Camat Amabi Oefeto, Camat Sulamu dan Camat Amfoang Barat Daya, Kepala Desa dan Lurah serta masyarakat lainnya.

Profesor Fred juga menyerahkan 20 unit alat manual daur ulang sampah plastik menjadi paving block serta 10 unit mesin untuk daur ulang sampah plastik menjadi papan. Penyerahan alat – alat itu diterima langsung oleh Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe. (bev/ol)