UT Kupang Kirim 13 Mahasiswa ke Disporseni UT Nasional

berbagi di:
whatsapp-image-2019-07-20-at-11-52-12

Rektor Universitas Terbuka Prof Ojat Darojat (pakai ti’i langga) saat melakukan kunjungan kerja ke Unit Program Belajar jarak Jauh (UPBJJ) Kupang 11 April lalu. Rektor menyempatkan diri berfoto bersama Direktur UT Kupang Yos Sudarso (empat dari kanan) di teras kantor UT Kupang.

 

 

Universitas Terbuka Kupang atau lebih dikenal dengan nama Unit Program Belajar jarak Jauh (UPBJJ) Kupang bakal mengirimkan 13 mahasiswa ke ajang Diskusi Ilmiah Pekan Olahraga dan Seni (Disporseni) UT tingkat Nasional pada bulan depan di Jawa Barat.

“Ke-13 mahasiwa UT Kupang ini akan akan mengikuti Disporseni UT Nasional mulai 28 Agustus hingga 5 September 2019 di Kantor Pusat UT Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Ciputat, Tangerang Selatan, Jawa Barat,” ungkap Direktur Universitas Terbuka Kupang Yos Sudarso kepada VN, Jumat (19/7) petang kemarin.

Yos Sudarso menjelaskan, setiap tahunnya UT selalu menyelenggarakan kegiatan Disporseni bagi mahasiswa UT seluruh Indonesia, sekaligus dalam rangka Dies Natalis UT.

“Tahun ini Dies Natalis ke-35 dan Disporseni bakal diikuti 40 UPBJJ seluruh Indonesia serta PTN dan PTS yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Banten, Bandung, Tangerang, dan Lampung,” bebernya.

Ia menjelaskan, Disporseni UT Nasional diselenggarakan dengan tujuan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam bidang pengembangan minat, bakat serta kreativitas mahasiswa. Dan UT Kupang sudah beberapa kali mengikuti event yang baru tahun lalu di pusatkan di UT Pusat Pondok Cabe itu.

 

Dalam Persiapan
Terpisah, Staf UPPBJ Kupang Raden Sunarya yang bakal bertindak sebagai pendamping kontingen menjelaskan, UT Kupang sudah selesai melakukan seleksi mahasiswa yang bakal dikirim ke Disporseni Nasional.

“UT Kupang sudah melaksanakan seleksi dan sedang dalam proses bimbingan dan latihan mahasiswa yang terpilih mewakili UT Kupang. Jumlah peserta kontingen sebanyak 13 orang dan 3 ofisial,” jelas Raden.

Terkait mata lomba yang dipertandingkan, Raden menyebutkan Lomba Debat, Lomba Inovasi Teknologi Informasi, Bulutangkis, Tenis Meja, Catur, Lomba Tari, dan Lomba Menyanyi.

Ia menambahkan, sejumlah mahasiswa UT Kupang yang lolos seleksi di antaranya Firmansyah Asikin, Stepanus Joseph Johannis, Oktovianus Rohan, Heka Simson Taneo, Haprison Zhanjuandi Yufinzon Mooy, Anggun Silvia Richardo Bobo, dan Robert Stevenson Fina.

“Ofisial UT Kupang adalah Pak Direktur dan dua pendamping yaitu saya sendiri dan Pak Ansari Wahab. Kami terus melakukan bimbingan dan latihan kepada para mahasiswa terpilih sebelum bertolak ke Tangerang Selatan,” bebernya.

Untuk diketahui, Setelah digelar di Mataram tahun 2017, Disporseni UT Nasional tahun 2018, digelar di UT Pusat Pondok Cabe Pamulang pada 25 September hingga 28 September 2018.

Menurut Rektor UT Prof Ojat Darojat, pihaknya menyelenggarakan kegiatan Disporseni setiap tahun bergantian antara wilayah barat, tengah, dan timur di lokasi yang berbeda-beda.

Keunikan Disporseni 2018 lalu, adalah penggabungan Disporseni UT dengan peserta yang berasal dari mahasiswa di seluruh UPBJJ yang berjumlah 40. (paa/C-1)