Vaksin Nakes telah Selesai, Puskesmas Fokus Lakukan Vaksin Lansia

berbagi di:
img-20210304-wa0011

 

Proses pemberian vaksin bagi Lansia di Puskesmas Oesapa, Kamis (4/3).

 

 

 
Sinta Tapobali

 

 
PEMBERIAN vaksin Covid-19 kepada para tenaga kesehatan di Puskesmas Oesapa dan Alak telah selesai dilaksanakan baik untuk tahap I maupun tahap II.

Kepala Puskesmas Oesapa, drg. Shinta Ndaomanu yang dikonfirmasi VN, Kamis (4/3) siang mengatakan bahwa seluruh tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Oesapa, telah mendapatkan vaksin covid-19 baik untuk tahap I maupun tahap II.

“Untuk Nakes kami sudah selesai baik untuk tahap I dan II,” Ungkapnya.

Menurutnya, saat ini pihak Puskesmas Oesapa mulai melakukan proses vaksin kepada para Lansia yang ada di wilayah Kecamatan Kelapa Lima baik Kelurahan Oesapa, Oesapa Barat, Oesapa Selatan, Lasiana dan Kelapa Lima.

Proses vaksin ini menurutnya akan dimulai hari ini dengan target 40 Lansia dan akan berlangsung secara bertahap seterusnya sesuai jadwal dan vaksin yang didapatkan.

“Kami layani 5 Kelurahan wilayah Kecamatan Kelapa Lima yaitu Oesapa, Oesapa Barat, Oesapa Selatan, Lasiana, Kelapa Lima. Hari ini kami siapkan 40 dosis untuk Lansia. Jadi nanti bertahap sesuai vaksin yang didapat,” jelasnya.

Untuk Puskesmas Oesapa sendiri menargetkan memberikan vaksin kepada 4.000 Lansia yang ada di 5 Kelurahan. Para Lansia yang akan menerima vaksin dengan cara mendaftarkan diri di RT dan RW setempat.

Selain itu, data sasaran para Lansia sudah disiapkan oleh Dukcapil dan telah diteruskan kepada Dinas Kesehatan, dan oleh Dinas Kesehatan telah diteruskan kepada setiap Puskesmas.

“Jadi kami sudah ada data mereka,” ujarnya

Prosedur pemberian vaksin kepada para Lansia akan sama dengan prosedur pemberian vaksin kepada para Nakes yang mana para Lansia terlebih dahulu akan dilakukan screening. Apabila tahapan screening ini lolos maka calon penerima vaksin tersebut bisa diberikan suntikan vaksin oleh petugas medis yang bertugas.

Sedangkan Kepala Puskesmas Alak, dr. Panondang Panjaitan kepada VN juga mengatakan bahwa proses vaksin untuk para Nakes di Puskesmas Alak, Kota Kupang baik untuk tahap 1 maupun tahap 2 telah selesai dilaksanakan kepada 80 nakes dari total 90 nakes yang bekerja di Puskesmas Alak.

“Kita sudah vaksin I dan II bagi nakes , dari 90 nakes ada 10 yang ditunda karena penyintas Covid-19, 3 bulan lagi baru diberikan,”Jelas dr. Panondang.

Menurutnya saat ini Puskesmas Alak sedang membuka pendaftaran bagi para Lansia dan pelayan publik yang ingin mendapatkan vaksin covid-19 dan untuk tahap pertama Puskesmas Alak mendapatkan jatah 400 dosis untuk vaksin Lansia dan pelayan publik.

“Pendaftaran sudah dibuka, vaksin sementara sedang didistribusikan ke tiap puskesmas, tenaga vaksinator siap,” ujarnya. (Yan/ol)