Warga Desa Nio Zombo Gotong Royong Bangun Rumah Adat

berbagi di:
img-20201120-wa0026

 

Ketua Suku Nio Zombo, Wilhelmus Ndoa, meletakan batu pertama pembangunan rumah adat, kemarin.

 

 

 

 
Son Bara

 

 

Warga Desa Embu Zozo, Kampung Nio Ronggo, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende, gotong royong membangun rumah adat. Pembangunan rumah adat ini untuk mengumpulkan kembali semua rumpun keluarga dan kembali menggelar ritual adat yang selama ini dilakukan di rumah keluarga.

Kepala suku desa Nio Zombo, Wilhelmus Ndoa kepada media, kemarin, di Desa Nio Zombo mengatakan, proses pembangunan rumah adat ini sebagai satu keputusan bersama masyarakat suku Nio Zombo.

“Ini satu langkah besar dari seluruh anggota suku yang sudah bersepakat untuk membangun rumah adat. Kesepakatan ini kami wujudnyatakan secara swadaya dalam membangun rumah adat milik suku Nio Zombo. Saya bangga seluruh anggota suku berpartisipasi dan bergotong royong dalam kegiatan ini. Ini juga sebagai satu momentum besar untuk kembali menyatukan seluruh anggota suku Nio Zombo.” Ungkap Wilhelmus Ndoa.

Lebih jauh dikatakan Wilhelmus Ndoa yang juga sebagai Kepala Kanwil Agama Kabupaten Ende, dengan dibangunnya rumah adat ini akan kembali menghidupkan berbagai ritual adat dan dilakukan secara terpusat.

“Ada lima ngua dan lima mboro yang selama ini tetap dilakukan namun berlangsung dirumah masyarakat. Kita akan kembali melakukan ritual adat ini secara terpusat sehingga menampilkan nuansa kebersamaan dalam satu rumpun besar. Kita juga berharap adanya partisipasi dan dukungan dari pemerintah dan DPRD Ende dan juga dari para donatur, sehingga keinginan luhur ini bisa kita wujutnyatakan.” tegas Wilhelmus Ndoa.

Terpisah, Anggota DPRD Ende dari Fraksi Partai NasDem, Oktavianus Moa Mesi, kepada media mengatakan, keputusan yang diambil masyarakat Nio Zombo perlu diapresiasi. “
“Hari ini kita bersama ditempat ini memberikan dukungan kepada masyarakat suku Nio Zombo membangun rumah adat. Secara pribadi tentunya saya akan memberikan dukungan sepenuhnya. Kita juga secara kelembagaan di DPRD bersama pemerintah juga akan memberikan dukungan dalam proses pembangunan rumah adat ini. Namun kita berharap niat yang tulus ini harus kita wujudkan dalam proses pembangunannya.” Ungkap Fian Moa Mesi. (Yan/ol)