Yance Maring Cemaskan Pengembangan Hortikultura di Sikka

berbagi di:
img-20201016-wa0013

 

Sebuah alat berat sedang membersihkan lahan yang akan dijadikan tempat pengembangan tanaman hortikultura milik Yance Maring, Jumat (16/10) siang. Foto: Yunus Atabara/vn.

 

 

 
Yunus Atabara

 

ALUMNI Politeknik Pertanian Negeri Kupang atau yang lebih dikenal Politani Negeri Kupang, Yance Maring (28) yang merupakan penggagas teknologi irigasi tetes di Sikka, mencemaskan pengembangan tanaman hortikultura di Sikka.

Pasalnya, dalam kunjungan Gubernur NTT di Kabupaten Sikka, pada 21 Juli lalu, menjanjikan pengembangan 100 hektar tanaman hortikultura, guna pemenuhan pangan segar bagi masyarakat di Kabupaten Sikka.

“Saya sedikit cemas, karena sudah ditelepon dari Dinas Pertanian Provinsi, bahwa hanya 5 hektar, yang dianggarkan di tahun 2021, untuk tanaman horti di Sikka,” kata Yance Maring kepada VN Jumat (16/10) siang.

Pria yang pernah belajar pertanian selama 1 tahun di Israel itu menjelaskan, setelah mendapat angin segar dari Gubernur NTT, langsung berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sikka dan mempersiapkan lahan.

“Setelah dijanjikan pak Gubernur, saya langsung berkoordinasi dengan pihak Dinas Pertanian, bahkan saya bertemu pak Bupati dalam beberapa kali. Saya juga langsung persiapkan lahan,” kata Yance Maring.

Selain itu lanjut Yance Maring, langsung melakukan pertemuan dengan belasan pemuda lainnya yang sama-sama pernah belajar pertanian di Israel, dari semua angkatan untuk membahas pengembangan tanaman hortikultura di Sikka.

“Dari kami pribadi sudah siapkan lahan 25 hektar. Bahkan kami sudah gusur menggunakan alat berat. Sedangkan sisanya melalui Dinas Pertanian di setiap BPP yang ada di kecamatan,” ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Yance Maring, pihaknya tidak putus asa, dan akan mencari koneksi untuk mengajukan proposal permohonan anggaran ke Kementerian Pertanian di Jakarta guna menyukseskan pengembangan tanaman hortikultura di Sikka.

“Kami lagi cari celah untuk mengajukan proposal ke Kementerian Pertanian di Jakarta. Dalam waktu dekat, saya akan ke Jakarta,” kata Yance Maring yang mengaku akan menempuh berbagai cara untuk sukseskan pengembangan tanaman hortikultura di Sikka. (Yan/ol)